Potensi Zakat di Kalangan Pengusaha di Banda Aceh Capai Rp 100 Milyar

dsc07922

dsc07922Banda Aceh, (Acehportal) - Wakil Ketua Dewan Pengawas Baitul Mal Kota Banda Aceh, Tgk. Masrul Aidi  mengungkapkan, potensi zakat dari kalangan pengusaha dan pedagang di Kota Banda Aceh sangat besar , yakni mencapai Rp 100 milyar.

”Secara logika, jika seluruh muzakki yang potensial menyetor zakatnya sebesar 10 persen saja ke Baitul Mal Banda Aceh , diperkirakan mencapai miliaran rupiah per tahun, bisa dibayangkan begitu besarnya manfaat zakat bagi program pengentasan kemiskinan,”ujar Tgk Masrul, dalam kegiatan rangka sosialisasi  informasi kewajiban berzakat secara lebih luas dan tepat sasaran kepada pengusaha dan pedagang  se-Kota Banda Aceh.

Menurut dia, masalah utama dalam pengumpulan zakat dialami saat ini seperti, masih banyaknya Muzakki yang menyalurkan zakat ke luar Kota Banda Aceh,  banyak muzakki yang menyalurkan zakatnya langsung ke daerah-daerah.

Sementara itu, Kepala Baitul Mal Aceh, Armiadi Musa menjelaskan, dari sisi regulasi hukum Baitul Mal sebagai lembaga resmi zakat di Aceh.   “Sebenarnya UUPA telah menyebutkan bahwa Baitul Mal merupakan lembaga resmi pengumpul dan pengelola zakat di Aceh,” jelasnya.

Menurutnya, secara legalitas Hukum tidak ada lembaga lain yang mengelolal zakat di Aceh. Karena karena dikhawatirkan selain bermasalah dengan hukum, juga nantinya akan terdapat tumpang tindih dalam pengumpulan dan penyaluran zakat.

“Namun jangan jadikan lembaga yang berbeda sebagai problem, tetapi  jadikan untuk memacu sinergisitas dan kerjasama lebih baik untuk bahu membahu dalam mensejahterakan dan memberdayakan umat,” ujar Armiadi.(raja)

Komentar

Loading...