Polair Aceh Timur Tingkatkan Patroli Laut Cegah Ilegal Fishing dan Narkoba

Polair Aceh Timur

Polair Aceh Timur
Polair Aceh Timur

Aceh Timur (Acehportal)- Satuan Polair Polres Aceh Timur terus meningkatkan patroli laut di wilayah perairan yang masuk dalam wilayah hukumnya. Hal tersebut dilakukan, sebagai wujud bentuk dukungan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, dalam memerangi illegal fishing di wilayah perairan Indonesia, termasuk di dalamnya Kabupaten Aceh Timur.

Kasatpol Air Polres Aceh Timur Iptu Pidinal Limbong, Rabu (25/05/16) mengatakan” jika selama ini pihaknya kerap mendapatkan laporan terkait adanya illegal fishing di wilayah perairan Aceh Timur. Laporan diterima pihaknya, dari sejumlah nelayan yang melaut dan merasa terganggu dengan adanya aktivitas tersebut.

Namun, saat pihaknya langsung meluncur untuk mengamankannya, ketika tiba di lokasi ternyata target sudah tidak ada di tempat, karena mungkin tahu pihaknya akan datang.

Menurut Kasat Pol Air, sebelum keluar kebijakan memerangi illegal fishing, sejak jauh-jauh hari pihaknya sudah mengintensifkan operasi kawasan laut. “Siang malam pihaknya senantiasa melakukan patroli rutin secara bergantian untuk mengantisipasi setiap kejahatan laut yang bisa terjadi di wilayah perairan wilayah hukum Polres Aceh Timur.” Ungkap Iptu Pidinal Limbong.

Iptu Pidinal Limbong mengatakan” upaya pihaknya dalam melakukan patroli masih belum maksimal karena keterbatasan anggota yang ada di satuannya dan sarana penunjang jika dibandingkan luasnya perairan Aceh Timur. “Meski begitu, kami tidak terlalu mempermasalahkannya, kami optimalkan anggota yang ada semaksimal mungkin dalam menjaga wilayah perairan yang menjadi tanggung jawab kami.”

Ditambahkannya, selain melakukan operasi yang berkaitan dengan penangkapan ikan, pihaknya juga membantu satuan narkoba, di mana narkoba sangat rentan masuk melalui jalur laut. “Kami selalu mengingatkan kepada para nelayan, agar mereka tidak terlibat narkoba dalam bentuk apapun. Bahkan tidak jarang juga, kami memeriksa para nelayan maupun muatan yang tengah berada di laut untuk mengantisipasi hal tersebut.” Pungkas Kasatpol Air Polres Aceh Timur Iptu Pidinal Limbong.

Sumber Polda Aceh

Komentar

Loading...