Bawa Kabur Anak, Warga Jerman Diamankan Imigrasi Sabang

foto: acehpoortal.com

foto: acehpoortal.com
foto: acehpoortal.com

Sabang (Acehportal) - Imigrasi Kelas II Kota Sabang berhasil menggagalkan seorang warga Negara Jerman, Frank Zillgit (55) yang hendak melarikan anaknya dari hasil perkawinan dengan warga Sabang, Aceh, Indonesia.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Kota Sabang, Imam Sutadi, Selasa mengatakan, warga negara asing asal Jerman tersebut ingin melarikan anaknya dari hasil perkawinan dengan warga Sabang berhasil diamankan petugas di Pelabuhan Balohan Sabang.

"Petugas menggagalkan niat warga Jerman, Frank Zillgit (55) yang hendak melarikan anaknya atas nama Joshua Zillgit (15) dari hak asuh ibunya pada tanggal 21 Mei 2016 di Pelabuhan Balohan Sabang," papar dia.

Menurutnya, pihaknya akan mendalami lebih lanjut terkait izin tinggal, Frank Zillgit di Sabang, Aceh, Indonesia. Pasalnya warga Jerman tersebut tidak ada lagi yang menjamin dan sudah bercerai dengan warga Sabang.

"Sebelumnya dia tinggal atas jaminan mantan Istri warga Iboih, Sabang, Emil Supriani (38) dan kita akan memproses visa kunjungan  Frank Zillgit, sekarang sedang tahap pengembangan," katanya.

Kapolres Sabang, AKBP Nurmeiningsih melalui Kasat Reskrim AKP Erizal membenarkan, warga Jerman atas nama, Frank Zillgit pada tanggal 21 Mei 2016 ingin menyeberang ke Banda Aceh melalui Pelabuhan Balohan, Sabang dan berhasil diamankan oleh petugas.

"Warga Jerman tersebut sudah bercerai dengan warga Sabang dan hasil putusan pengadilan Jerman hak asuh anak atas nama Joshua Zillgit (15) diberikan kepada ibunya, Emil Supriani dan sekarang anak tersebut sudah kita kembalikan ke ibunya," katanya di Sabang.

Kemudian mantan istri warga Jerman tersebut, Emil Supriani (38) mengakui, dirinya menikah dengan warga negara Jerman, Frank Zillgit (55) pada tahun 2000 dan dikaruniai seorang anak laki-laki, lalu mereka berpisah pada tahun 2003 dan secara tertulis surat perceraian dikeluarkan oleh pengadilan pada tahun 2004.

"Waktu kami berpisah Joshua Zillgit masih bayi dan Frank Zillgit  sudah mencoba membawa lari tapi tidak berhasil dan sekarang dia kembali ingin melarikan anak tersebut tanpa sepengetahuan saya, padahal kemarin Joshua sedang mengikuti ujian," ujar dia.

Emil Supriani menambahkan, Pengadilan Negeri Jerman sudah mengeluarkan surat putusan hak asuh Joshua Zillgit sepenuhnya diberikan kepada ibu yang melahirkannya sampai dia dewasa dan menentukan sendiri pilihannya.

"Saya sudah melaporkan Frank Zillgit kepada polisi yang ingin melarikan anak hasil perkawinan kami tanpa seizin saya, dan jika dia ingin membawa jalan-jalan anak tersebut secara baik-baik pasti saya izinkan," katanya.(antara)

Komentar

Loading...