Halte Trans Kutaradja Belum Nyaman Bagi Penyandang Disabilitas

Penyandang disabilitas di trans kutaradja

@Acehportal
@Acehportal

Banda Aceh, (Acehportal) - Halte trans kutaradja yang sudah difungsikan saat ini, dinilai masih belum memberi kenyamanan bagi penyandang disabilitas (penyandang cacat). Karena ada beberapa sisi bangunan yang bisa membahayakan penyandang cacat.

“Pertama rampnya (jalur landai untuk kursi roda) terlalu curam, sehingga kesulitan bagi kita pengguna kursi roda untuk menaikinya,” kata Katua Federasi Kesejahteraan Penyandang Cacat Tubuh (FKPCT) Banda Aceh, Erlina Marlinda, saat menguji halte trans kutaradja di Keudah, Selasa (24/5/2016).

Kemudian, keramik lantai halte terlalu licin. Bukan hanya pengguna kursi roda saja yang merasa kesulitan, tapi tunanetra bisa tergelincir jika tidak ada yang mendampinginya.

“Yang perlu diperhatikan juga antara halte dengan busnya, itukan ada jarak. Sekiranya tidak ada yang membantu di sini, itu akan menjadi kendala. Walaupun sejengkal jaraknya kurang lebih,” ungkapnya, sembari menambahkan, seharusnya pihak terkait harus memasang papan/plat penghubung antara bus dengan halte.

Sementara untuk fasilitas di dalam bus, diakuinya sudah memiliki kenyamanan. Namun, sangat diharapkan kepada pihak Pemerintah terkait, supaya bisa memperbaiki halte tersebut, guna memberi kenyamanan bagi mereka penyandang disabilitas. (adi)

Komentar

Loading...