Kadisbudpar: Ada Empat Pilar untuk Membagun Pariwisata Aceh

Reza Fahlevi

Reza Fahlevi
Reza Fahlevi

Banda Aceh, (Acehportal) - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Reza Fahlevi menyebutkan setidaknya ada empat pilar untuk membangun pariwisata. Keempat pilar itu masing-masing, membangun destinasi, pemasaran dan promosi, industri pariwisata, dan Sumber Daya Manusia.

Reza menjelaskan, membangun destinasi diantaranya dengan menyiapkan infrastruktur, fasilitas dan akses ke lokasi destinasi wisata. Sedangkan pemasaran dan promosi merupakan upaya untuk melakukan pencitraan serta usaha-usaha untuk membangun jaringan dengan pelaku usaha.

Selanjutnya industry pariwisata, setidaknya ada 16 sub sector yang harus terlibat, mulai dari Transportasi, restoran, hotel, kafe dan komunita lain, sementara Sumber Daya Manusia (SDM) dengan meningkatkan pelatihan-pelatihan.

“Makanya pelatihan terus kita lakukan, tida boleh berhenti, targetnya pada tahun ini ada 500 orang yang sertifikasi, dan ini juga berkat adanya dukungan Kementrian, dan setiap tahun kta tingkatkan,”lanjutnya.

Menurutnya, untuk mewujudkan keempat pilar itu diperlukan kesolidan. “Solidnya itu mulai dari pemerintah, akademisi, media, dan komunitas. Kemudian dijajaran pemerintah juga harus solid dengan instansi terkait lainnya,”tambahnya.

Disamping itu kata Reza, untuk mendukung pertumbuhan dunia pariwisata juga harus didukung dengan keramah-tamahan masyarakat setempat. Diakuinya, kepedulian dan keramahtamahan harus terus dibentuk dan memerlukan waktu serta kesabaran.

“Masyarakat masih banyak yang belum memahami standar pariwisata tapi hal itu masih bisa dibentuk, dulu Negara-negara  lain yang terkenal wisatanya, mereka juga latih dulu manusianya,”ujar Reza disela-sela kegiatan Sabang Fair III, Sabtu (21/05).

Diakuinya, pemerintah Aceh tidak pernah berhenti melatih pelaku indsutri pariwisata. Ia mencontohkan, sebelumnya di Sabang dilaksanakan sertifkasi pemandu wisata untuk diving, mereka sudah dilatih dan dilakukan uji kompetensi.

Reza berharap kedepan seluruh pekerja di sektor pariwisata memiliki standarisasi dan sertifikasi, sehingga standarnya diakui oleh dunia internasional.

Sementara itu terkait dengan sarana prasarana dan anggaran, dikatakan Reza untuk membangun dunia pariwisata tidak hanya bertumpu pada dinas Pariwisata semata, akan tetapi juga keterlibatan instansi lain seperti Dinas Perhubungan Dan Dinas Pekerjaan umum (PU).

“Jadi bangun pariwisata tidak mungkin Disbudpar saja,  tapi juga media dan komunitas, dukungan media online dan sosial media itu paling luar biasa, itu kita manfaatkan, kemudian testimoni tokoh-tokoh berpengaruh, bagaimana dia bicara positif tentang Sabang,”lanjutnya.(raja)

Komentar

Loading...