Ini Kronologis Warga Gagalkan Penjualan Raskin

IMG20160520220955

IMG20160520220955Nagan Raya, (Acehportal) – Masyarakat Gampong Bumi Sari, Kecamatan Beutong, Nagan Raya berhasil menggangalkan aksi penjualan beras masyarakat miskin (raskin) yang dilakukan sejumlah oknum.

Raskin yang diangkut menggunakan kendaraan pick up L-300 warna hitam dengan nomor BL 8194 VC yang diduga akan dijual oleh pelaku yang berinisial MF. Penggagalan itu dilakuan oleh sejumlah warga, tuha peut dan aparatur Gampong setempat.

Di tangan penjual berinisial MF, warga berhasil menyelamatkan 42 karung raskin milik warga kurang mampu di Bumi Sari yang diangkut menggunakan kendaraan pick up L-300 untuk di dagangkan.

Ketua Tuha Peut Bumi Sari, Muhajirin mengatakan, dirinya dan Sekretaris Said Zaini bersama tujuh warganya sudah mengintai sejak awal adanya penyelewengan pembagian raskin bagi kaum lemah di desanya.

Sehingga dilakukan pengadangan oleh sejumlah warganya dan berhasil menangkap tangan penjual raskin dikawasan ibukota Beutong di Ulee Jalan, sekira pukul 21.30 WIB, saat beras jatah orang miskin itu di bongkar di kedai Jamaliah.

"Mulanya kami memang sudah curiga. Kemudian kami intai dan mengikuti gerak-gerik mereka. Ketika tiba di toko penampung raskin, kami sergap langsung, sekaligus menghubungi pak polisi dan pak camat," kata Muhajirin di Mapolsek Beutong, di ibukota Ulee Jalan, Minggu (22/05/2016).

Ia menyatakan, dirinya bersama warganya sengaja menyergap pelaku karena selama ini beras jatah warga miskin di desanya sering dikurangi dan bahkan ada beberapa warga miskin tak memperoleh haknya.

Sementara itu, Camat Beutong, Samsuar langsung menginterogasi Kepala Desa Bumi Sari Bukhari Bin Marhaban. "Saya kan sudah berulangkali mengingatkan para keuchik untuk hati-hati dengan raskin. Jangankan mengurangi jatah, menjual, mengutip uang transportasi saja tidak dibolehkan oleh bupati," ujarnya.

Keuchik Bumi Sari, Bukhari Bin Marhaban mengaku jika beras jatah orang miskin di kampungnya telah dibagikan secara merata dan raskin yang dijual tersebut merupakan sisa dari hasil pembagiannya. Dan sebagiannya lagi raskin milik warga yang tidak memakannya guna ditukarkan dengan beras yang lebih baik.

Kini, penyelewengan beras jatah orang miskin Bumi Sari tersebut sudah ditangani pihak kepolisian di Mapolsek Beutong, Nagan Raya. (wan)

Komentar

Loading...