Umat Muslim Sambut Malam Nisfu Sya’ban

IMG_5485

IMG_5485DENPASAR, (Acehportal) -- Sekitar seribuan umat Islam di Denpasar, Bali menghadiri penyambutan malam Nisfu Sya'ban di Masjid Al Ikhlas, Monang-Maning Denpasar, Sabtu (21/1) malam. Mereka dengan khusyuk mengikuti kegiatan pembacaan surat Yasin, disertai dengan do'a Nisfu Sya'ban.

"Masjid AL Ikhlas memang menjadi salah satu rujukan ummat Islam di Denpasar. Mereka sudah tahu kalau ada acara penyambuan seperti sekrang ini," kata Ketua Takmir Masjid Al Ikhlas Edi Sugianto.

Pembacaan surat Yasin adalah merupakan salah satu cara sebagian ummat Islam merayakan datangnya Nisfu Sya'ban, sebagai tanda akan datangnya Ramdahan. Malam pertengahan bulan Sya'ban itu diyakini sebagai malam perpisahan dengan kegiatan masa lalu, dimana umat Islam menyiapkan diri untuk memasuki hari depan, yakni Ramadhan.

Bedasarkan pemantauan Republika.co.id, penyambutan malam pertengahan bulan Sya'ban di Denpasar, juga dilakukan oleh ummat Islam di sejumlah rumah. Dimana anggota keluarganya berkumpul dan mereka membaca surat Yasin bersama-sama.

Seusai mengaji dan berdoa, anggota keluarga saling bersalaman memohon maaf, satu dengan yang lainnya. "Kami ingin memasuki Romadon denan suasana bersih, tanpa ada dosa," kata Abdul Gofur salah seorang warga.(republika)

Komentar

Loading...