Distan Gayo Lues Akan Terapkan Program Gemasih

kadis pertanian Gayo Lues Noval @Acehportal.com

kadis pertanian Gayo Lues Noval @Acehportal.com

Blangkejeren, (Acehportal) – Dinas Pertanian Gayo Lues akan menerapkan program Gerakan Masyarakat Petani Sejahtera (Gemasih) 2016 untuk meningkatkan hasil produksi jagung di Kabupaten tersebut.

Kepala Dinas Pertanian Gayo Lues, Noval, SP menyatakan, bahwa dana Gerakan Gemasih  2016 ini bersumber dari APBD dan APBN, dari dana APBD dialokasikan untuk tanaman jagung seluas 300 hektar, sedangkan anggaran dari APBN dialokasikan seluas 4500 ha yang tersebar di 11 Kecamatan di Gayo Lues.

Sistem penyaluran bantuan Gemasih ini, jelasnya,  semua masyarakat bisa mendapatkan bantuan tersebut baik itu petani, PNS, TNI dan Polri. Semua bisa mendapatkan bantuan tersebut yang terpenting mempuyai lahan pertanian.

“Program ini bertujuan untuk mendorong hasil produksi tanaman jagung, dan juga dapat mendorong petani menanam jagung serentak,”ujar Noval, kepada wartawan, Jum’at (20/05/2016) di Gayo Lues.

Ia menyatakan, bagi petani yang menanam jagung dengan program Gemasih akan di bantu mulai dari  bibit, pupuk dan obat-obatan. “Ini salah satu upaya Distan dalam meningkatkan hasil produksi jagung di wilayahnya,”ungkapnya.

“Saat ini, tingkat produktivitas jagung di Gayo Lues rata-rata mencapai 5 ton/ha, dan produktivitasnya sudah menyamai produktivitas jagung secara nasional yang mencapai 4-5 ton/ha,”jelasnya.(TR)

Komentar

Loading...