Tiga Menteri Dijadwalkan Jadi Pembicara pada Seminar Perubahan Iklim Global

foto: acehportal.com

foto: acehportal.com
foto: acehportal.com

Banda Aceh, (Acehportal) - Pemerintah Aceh melalui Badan Pengendalian dampak Lingkungan (Bapedal) Aceh akan menyelenggarakan seminar Internasional Aceh Commitement for Climate Change Impact and Challenge di Banda Aceh pada 26 Mei 2016 mendatang.

Tiga menteri dijadwalkan akan menjadi pembicara utama pada seminar internasional komitmen Aceh terhadap perubahan iklim tersebut. Ketiga menteri  itu adalah Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri PPN/Kepala Bappenas dan Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral.

“Seminar ini dijadwalkan akan dihadiri  oleh jajaran Kementrian LHK, Kementrian PPN/Bappenas, Kementrian ESDM, Kementrian Dalam Negeri, Menko Ekonomi, Duta Besar Negera Sahabat, Lembaga Internasional, Instansi Vertikal di Aceh, Pemda Kabupaten/Kota, Perguruan Tinggi, Pelaku usaha, Lembaga adat dan praktisi.”ujar Kepala Bapedal Aceh, Iskandar, Jumat (20/05).

Iskandar mengharapkan melalui seminar internasional tersebut dapat melahirkan komitmen bersama dalam mempersiapkan masyarakat Aceh untuk menyesuaikan diri terhadap dampak perubahan iklim global yang mulai dirasakan seperti di sektor pertanian.

"Kegiatan ini juga bertujuan mendorong para pemangku kepentingan di berbagai tingkatan untuk membangun task force perubahan iklim di Aceh dan menggerakkan pemagku kepentingan untuk berkontribusi dan berperan aktif serta melakukan aksi-aksi nyata,"lanjut Iskandar.

Iskandar menambahkan melalui seminar itu juga diharapkan dapat mendorong para stakeholder baik ditingkat lokal, nasional maupun internasional  untuk membangun suatu task force Perubahan iklim di Aceh, yang terdiri dari unsur pemerintah Aceh, pelaku usaha/perusahaan/perbankan, lembaga internasional dan lembaga-lembaga sipil masyarakat untuk mensinergikan aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim di Aceh.

Menurut Iskandar, selain tiga menteri juga menghadirkan sejumlah pembicara lainnya diantaranya direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, deputi bidang pendanaan pembangunan, PPN dan praktisi pertanian.

Ia menambahkan kehadiran tiga menteri tersebut akan memberikan kontibusi besar terhadap kegiatan yang diselenggarakan Pemerintah Aceh tersebut.

Dia mengatakan seminar internasional tentang perubahan iklim yang diselanggarakan di Banda Aceh, Provinsi Aceh tersebut juga akan dihadiri oleh 14 negara diantaranya Amerika Serikat dan Jerman.

Dalam kegiatan tersebut juga akan dilakukan peluncuran rencana aksi Pemerintah Aceh, penandatanganan bersama komitmen Pemerintah Aceh dengan elemen masyarakat sipil Aceh dalam mendukung komitmen internasional terhadap menurunkan emisi gas rumah kaca.

Selain itu kata Iskandar, pada seminar itu juga akan dilaunching pilot project Gampong Iklim (Proklim) pada empat gampong/kawasan terpilih yaitu Ule Lhue/Lamteh yang terletak di Banda Aceh dan Aceh Besar, Kawasan Iboih kota Sabang, Gampong Saree Aceh Besar,  dan Kampung Kelitu Kawasan danau Laut Tawar Aceh Tengah.(raja)

Komentar

Loading...