Dekranasda Aceh Raih Penghargaan Nasional

foto: acehportal.com

foto: acehportal.com
foto: acehportal.com

Banda Aceh, (Acehportal) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh meraih penghargaan tingkat nasional dalam kategori pemanfaatan teknologi dalam penghargaan Dekranas Award. Penghargaan itu diterima langsung Ketua Dekranasda Aceh, Hj. Niazah Hamid dari Ketua Dekranas pusat, Ny. Mufidah Jusuf Kalla dalam kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-36 Dekranas Indonesia dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2016 di Gedung SMESCO Convention Center Jakarta, Selasa (17/05/2016).

Ketua Dekranasda Aceh, Niazah A Hamid, mengatakan keberhasilan ini merupakan buah kerja keras seluruh pihak. Selain Dekranasda Aceh, peran serta dekranasda kabupaten/kota dinilainya sangat besar. Tak hanya itu, peran para stakeholder, UKM, perajin seni dan kerajinan, serta masyarakat selaku konsumen dinilainya tak kalah penting.

“Kami berterima kasih kepada seluruh pihak, tentu penghargaan ini kian memotivasi kami untuk terus berupaya meningkatkan kualitas produk seni dan kerajinan, memperhatikan kesejahteraan perajin, serta berinovasi agar produk-produk kita bisa menjadi yang terbaik, tidak hanya di lingkup nasional saja, tapi juga bisa menembus pasar internasional” tuturnya.

Umi Niazah menambahkan pemanfaatan teknologi informasi sudah menjadi keharusan di zaman sekarang. Selain cepat dan murah, pemanfaaatan teknologi informasi sangat mudah untuk menjangkau pembeli hingga ke seluruh dunia.

Produk kerajinan Aceh kata Ummi Niazah,  sudah cukup dikenal di tanah air, seperti  kerajinan tenun dari Pidie, Gayo dan Aceh Besar, anyaman pandan dari Aceh Timur,  Simeulue, Pidie, Aceh Barat dan sebagainya. Tenun Songket Aceh dan berbagai kerajinan lainnya juga sudah lama mencuri perhatian para  pembeli yang datang ke Aceh.

Untuk itu, pengrajin maupun pengusaha harus membuka diri dengan teknologi informasi agar produk-produk tersebut dapat dipasarkan secara luas.

Hari Ulang Tahun Dekranas ke-36 ini mengangkat tema “Perajin Kreatif di Era Digital” dimaksudkan agar Dekranasda se-Indonesia dapat mengembangkan produk dan SDM nya agar memilki daya saing tinggi, khususnya dalam menghadapi era Teknologi Informasi (TI).

Dekranas pusat juga telah melaunching website resmi: www.dekranas.id yang dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan, sarana edukasi, belajar tutorial membuat kerajinan, serta informasi lainnya terkait seni dan kerajinan lokal.(adi)

Komentar

Loading...