Terkait Penambahan Anggaran Perjalanan Dinas, Mahasiswa Demo DPRA

@Acehportal

@Acehportal
@Acehportal

Banda Aceh, (Acehportal) - Belasan mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unsyiah, melakukan aksi unjuk rasa di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Selasa (17/05/2016), berkaitan dengan permintaan Ketua DPRA yang berkeinginan menambahkan anggaran perjalanan dinas untuk legislator Aceh.

Dalam aksi yang dimulai sekitar pukul 10.45 WIB itu, mahasisawa yang membawa poster dan spanduk berisikan tuntutan, awalnya berorasi  depan gedung DPRA, lalu mereka masuk hingga ke lobi sekretariat dewan, serta naik ke lantai dua memeriksa sejumlah ruangan, termasuk ruangan Ketua DPRA, namun tidak ada satupun yang ditemukan.

Aksi itu, juga menghentikan aktifitas staf di sekretariat DPRA, karena adanya orasi mahasiswa. Baru beberapa menit kemudian, akhirnya, Ketua Komisi I DPRA, Abdullah Saleh bersama Wakil Ketua Komisi I DPRA, Azhari Cage serta dua anggota DPRA lainnya, menjumpai mahasiswa. Setelah itu, juga tiba Wakil Ketua DPRA Teuku Irwan Djohan, memberi penjelasan kepada mahasiswa.

Koordinator Lapangan, Maulinda Ariandi dalam orasinya mengatakan, mahasiswa menggelar aksi tersebut terkait dengan Ketua DPRA yang meminta  penambahan anggaran dana perjalanan dinas untuk legislator Aceh. Padahal itu sangat memalukan.

“Ini menunjukkan DPRA hanya mementingkan pribadi mereka, dengan membuat alasan yang tidak masuk diakal,” tegasnya.

Menurutnya, akibat seringnya anggota DPRA jalan-jalan keluar negeri, juga menjadi perbincangan dikalangan masyarakat. Padahal seharusnya tugas anggota dewan itu menyelesaikan Qanun-qanun baru untuk peraturan di Aceh, bukan pergi keluar negeri.

Apalagi kinerja DPRA saat ini, dinilai tidak sesuai harapan, karena ada Qanun yang tidak terselesaikan. Untuk itu, mahasisawa mengecam anggota dewan yang meminta lebih uang rakyat, serta mengutuk yang mengemis uang rakyat.

DPRA juga didesak segera menyelesaikan segala polemik yang terjadi di Aceh, baik permasalahan Pilkada, bendera dan lainnya yang menjadi tugas pokok anggota legislatif.

Wakil Ketua DPRA Teuku Irwan Djohan mengatakan, dirinya menyambut baik dengan semua aspirasi yang disampaikan mahasiswa. Namun, terkait data anggaran perjalanan dinas itu, belum bisa dirincikan semua. (adi)

Komentar

Loading...