Legislator : Model Kota Madani Tidak Terwujud Tanpa Dukungan Masyarakat

Nasir Djamil @Acehportal.com
Nasir Djamil @Acehportal.com

Banda Aceh, (Acehportal) - Salah satu langkah penting yang harus dilakukan dalam usaha mewujudkan kota Banda Aceh menjadi model kota Madani adalah kesiapan masyarakat untuk hidup dalam sistem norma dan akhlak Islami, serta jauh dari gaya hidup hedonis.

Hal demikian disampaikan Anggota DPR RI asal Aceh HM Nasir Jamil saat mengisi kegiatan Intermidiate Training (LK II) dan Training Instruktur Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Senin (16/05).

Nasir mengatakan, masyarakat madani yang diharapkan adalah masyarakat yang maju secara materil, namun dilandasi dengan norma-norma keimanan. Konsep keimanan itulah menurut Nasir, yang membedakan antara masyarakat madani dengan masyarakat sekuler.

“Cita-cita Pemko Banda Aceh menjadkan model Kota Madani sangat mulia, tinggal sekarang bagaimana mewujudkannya. Cita-cita ini tidak akan terwujud tanpa partisipasi masyarakat,”ujarnya.

Lebih lanjut Nasir menjelaskan –syarat syarat yang harus terpenuhi untuk mewujudkan masyarakat Madani itu antara lain, adanya usaha untuk membangkitkan semangat Islam melalui islamisasi ilmu pengetahuan, islamisasi kelembagaan ekonomi, serta islamisasi hukum dan politik.

Selanjutnya, adanya kesadaran bersama untuk maju, adanya semangat untuk menumbuhkan nilai-nilai kebaikan dan mencegah tumbuhnya nilai-nilai keburukan ditengah-tengah masyarakat.

“Dan yang terpenting adalah adanya kedekatan kepada Allah sebagai pemilik dan pengatur alam semesta. Karena tidak ada kemakmuran dan kejayaan tanpa izinnya. Tidak ada kesejahteraan tanpa kehendak-Nya,”pungkas Nasir.(raja)

Komentar

Loading...