Landasan Pacu Bandara Simeulue Akan Diperpanjang 1.900 Meter

ilustrasi bandara Foto: Serambinews.com

ilustrasi bandara Foto: Serambinews.com
ilustrasi bandara Foto: Serambinews.com

Meulaboh (Acehportal) - Landasan pacu (runway) Bandar Udara Lasikin Simeulue, Aceh, diperpanjang menjadi 1.900 sehingga pesawat jenis Boeing bisa mendarat di bandara tersebut.

"Bandara Lasikin, Alhamdullah sudah diperbaiki dan pada 2017 sudah dialokasikan dana APBN senilai Rp114 miliar untuk pepanjangan runway tambahan 500 meter. Jadi nanti bisa sampai 1.900 meter," kata Bupati Simeulue Riswan NS di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Sabtu.

Ditemui seusai pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Aceh XIII/2016 bersamaan dengan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Aceh di Lapangan Teuku Umar, Meulaboh, dia menjelaskan bahwa Kabupaten Simuelue ditetapkan dalam peraturan pemerintah sebagai salah satu kawasan strategis nasional wisata Indonesia.

Melalui pengembangan infrastruktur transportasi udara itu, dia meyakini daerahnya bisa menjadi magnet wisatawan mancanegera.

Dalam lima bulan terakhir pesawat Wings Air sudah mengambil trayek di Bandara Lasikin. Selain membantu memberikan kemudahan transportasi masyarakat dengan harga tiket terjangkau, pesawat itu juga membawa wisatawan berkunjung ke daerah itu.

"Kami berharap dunia wisata akan terus berkembang, ekonomi, sel-sel kehidupan ekonomi masyarakat akan meningkat. Apalagi sesuai peraturan pemerintah bahwa Simeulue masuk salah satu kawasan strategis nasional wisata," jelasnya.

Lebih lanjut Riswan mengatakan, pemerintah menargetkan sebanyak-banyaknya wisatawan berkunjung. Oleh karena itu, untuk memajukan pulau terluar itu tidak terus terisolasi, pemerintah berupaya menyediakan sarana trasportasi, baik udara maupun laut.

Hingga kini sudah ada tiga rute transportasi yang melayani masyarakat Simeulue, yakni di Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Jaya, dan Aceh Barat. Dalam waktu dekat akan ada penambahan kapal baru rute Meulaboh-Sinabang.

Menurut dia, wisatawan domestik dan mancanegara serta masyarakat harus mendapatkan pilihan transportasi bila ingin menuju Simeulue. Oleh karena itu, diharapkan dengan mulai beroperasi pelabuhan Kuala Bubon akan semakin meningkatkan animo kunjungan wisatawan dan masyarakat lokal ke daerah itu.

"Dengan beroperasinya pelabuhan Meulaboh-Sinabang kami yakin semakin meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun luar negeri. Selama ini kita juga sudah tidak terisolasi, Dengan adanya penambahan transportasi itu akan memberi banyak pilihan," katanya menambahkan. (Antara)

Komentar

Loading...