Keuchik Zainal: Pemuda Tonggak Perubahan Masa Depan

Training Nasional HMI (3)

Training Nasional HMI (3)Banda Aceh, (Acehportal) – Wakil Walikota Banda Aceh, Drs H Zainal Arifin ikut hadir pada kegiatan Intermidiate Training (LK II) dan Training Instruktur Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota Banda Aceh, Sabtu malam (14/5/2016) di Aula lantai IV, Gedung A, Balaikota Banda Aceh.

Pada kegiatan yang sering disebut Senior Course Himpunan Mahasiswa Islam ini, Wakil Walikota yang akrab disapa Keuchik Zainal mengatakan kegiatan ini merupakan proses pemtangan pengkaderan secara intelektual dan spiritual kader HMI.

Kata Keuchik Zainal, pemuda adalah tonggak perubahan suatu tatanan kemasyarakatan karena di tangan pemudalah, masa depan bangsa sangat digantungkan.

“Bagaimana  bentuk perubahan yang ditimbulkan pemuda itu tergantung pada kualitas individunya. Perubahan yang diinginkan tentunya mengarah ke perubahan yang lebih baik. Sehingga dibutuhkan kuatlitas individu pemuda yang kuat dan mandiri serta mempunyai moral yang baik,” ujarnya.

Dan sebagai bagian dari pemuda, Keuchik Zainal mengatakan, kader HMI sangatlah potensial dalam mewujudkan perubahan tersebut.

Lanjutnya, dalam melahirkan pemimpin yang mampu menciptakan terwujudnya masyarakat Madani bukanlah hal yang mudah, dimana diperlukan pengembangan SDM berupa penanaman karakter kepemimpinan yang memiliki pengetahuan dan kebijaksanaan serta etika dan moral dalam bermasyarakat.

“Untuk menghadirkannya dibutuhkan komitmen, terencana, berkelanjutan, dan berkesinambungan, seperti yang dilakukan oleh HMI pada malam ini,” tegas Keuchik Zainal.

Dengan berasaskan Islam, HMI Cabang Banda Aceh diharapkan mampu mencetak kader-kader yang mempunyai semangat perjuangan sebagai pemimpin yang dapat mengamalkan nilai-nilai keislamannya di kehidupan masyarakat. Karena di dalam nilai-nilai tersebut merupakan suatu prasyarat untuk menuju civil  society yang berkepercayaan dan berakhlakul-karimah sesuai dengan yang telah diajarkan di dalam agama Islam sehingga nantinya akan mewujudkan masyarakat adil makmur yang diridhai Allah SWT.

Kegiatan training ini dibuka oleh Kontributor Presidium Keluarga Besar HMI (KAHMI) Banda Aceh yang juga anggota DPRA, Ramadhana Lubis.

Dalam sambutannya, Ramadhana Lubis meminta kader-kader HMI terus berkarya dan berinovasi untuk kemudian menjadi pemimpin-pemimpin bangsa.

Terkait dengan training, Ramadhana menilai suatu kegiatan yang sangat penting dalam rangka kaderisasi ditubuh HMI. “Kaderisasi itu adalah jantung dalam tubuh kita, tidak boleh terhenti dan harus terus-menerus. Kalau terhenti maka organisasi ini juga akan terhenti,” ujarnya.

Kegiatan ini diikuti oleh puluhan kader HMI Kota Banda Aceh. Turut hadir sejumlah tokoh dari perwakilan organisasi kepemudaan, seperti Ketua KNPI Kota Banda Aceh, Afdhal Khalilullah.(raja)

Komentar

Loading...