Minat Baca Pelajar di Gayo Lues Minim

foto: acehportal

foto: acehportal
foto: acehportal

Blangkejeren, (Acehportal) - Minat baca anak sekolah mulai dari tingkat SD,SMP dan SMA/sederajat minim disebabkan oleh kurangnya kepedulian orang tua untuk memberikan motivasi semangat belajar terhadapnya anak.

“Minat membaca anak-anak kita sekarang sangat minim karena tidak ada motivasi dari orang tua,”ujar Salim Wahab salah seorang tokoh pendidikan Gayo Lues,  Jumat (13/05/2016).

Ia menyatakan, dorongan untuk siswa belajar kalau dirumah tidak terlepas dari orang tua si anak, dalam satu minggu minimal satu kali masuk ke perpustakaan untuk membaca buku, kalau masalah judul yang dibaca terserah yang penting hasil buku yang di baca anak tersebut bisa diceritakan.

"Mesti demikian sebaliknya anak-anak di rumah sekolah guru yang membawa anak didiknya ke ruangan perpustakaan setelah siap membaca harus menyuruh anak tersebut untuk mencerita apa isi dari buku yang dibacanya,"ungkapnya.

Menurutnya, sistem penerapan mengajar dulu dengan sekarang sangat jauh berbeda diantaranya, sistem dulu siswanya sangat segan kepada gurunya akibat setiap guru memberikan hukuman kepada siswa baik dengan lisan dan fisik tidak ada peraturan pemerintah yang menjeratnya, sehingga guru bisa memberikan pelajaran bukan hanya sekedar mengajar transfer ilmu saja, tapi mendidik si anak kalau terlalu bandel sekali dipukul tidak harus main lapor ke pihak yang berwajib.

“Sementara yang terjadi saat ini kebanyakan guru mentransfer ilmu saja kalau bertindak sampai ke fisik gurunya sudah pasti berurusan dengan pihak yang berwajib,"jelasnya.(TR)

Rubrik:News

Komentar

Loading...