Program Desa Kerajinan Harus Mampu Wujudkan Desa Produktif

Rapat koordenasi dekranasda 1

Rapat koordenasi dekranasda 1Banda Aceh, (Acehportal) - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah, Niazah A Hamid, mengatakan Dekranasda Aceh telah melakukan berbagai upaya pembinaan untuk menumbuhkembangkan industri kerajinan melalui berbagai program yang berkesinambungan. Salah satunya, dengan mencetuskan progam desa kerajinan di tiap-tiap daerah.

"Kita perlu mendorong agar usaha kerajinan di desa itu terus berkembang, sehingga desa itu mampu menjadi desa produktif," kata Niazah saat membuka rapat koordinasi Dekranasda Kabupaten/Kota Se-Aceh di Anjong Mon Mata, Rabu (11/05).

Ia menjelaskan, desa produktif  adalah desa yang masyarakatnya memiliki kemauan dan kemampuan memanfaatkan secara kreatif dan inovatif seluruh potensi sumberdaya yang dimiliki. Dengan semakin produktifnya masyarakat di desa itu, akan menciptakan kesempatan kerja baru yang dapat mencegah terjadinya urbanisasi dari desa ke kota.

Untuk mencapai sasaran tersebut, kata Niazah, Dekranasda perlu mengkaji  kembali program-program yang perlu dikembangkan ke depan sehingga upaya kita menghadirkan desa perajin dan desa produktif dapat tercapai.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Ir. Arifin Hamid mengatakan, Pemerintah Aceh memberikan perhatian yang cukup besar terhadap peningkatan usaha kerajinan di Aceh dan mengarahkan masyarakat untuk menghasilkan produk-produk yang berkualitas.

Rapat koordinasi tersebut, kata Arifin,  untuk menyatukan pandangan dan mensinergikan  program-program Dekranas di kabupaten/kota dan provinsi serta mengoptimalkan berbagai program Dekranada di seluruh Aceh.

"kita perlu masukan dari berbagai daerah untuk memajukan para perajin dan memanfaatkan peluang yang ada di Aceh," kata Arifin.(adi)

Komentar

Loading...