Keuchik Zainal: Rakernas JKPI Dorong Geliat Wisata Banda Aceh

DSC_2443

DSC_2443Banda Aceh, (Acehportal) - Serangkaian acara Rakernas V Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) berupa Pentas Seni dan Pameran JKPI, Festival Kopi Internasional dan Festival Kuliner Aceh 2016 secara resmi ditutup oleh Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin, Rabu (11/05/2016) malam.

Penutupan ajang yang telah berlangsung sejak 7 Mei lalu di Lapangan Blang Padang tersebut, ditandai dengan penabuhan Rapai oleh Zainal Arifin bersama Wakil Wali Kota Blitar Santoso, Sekdako Banda Aceh Bahagia, dan Kadisbudpar M Rizha.

Pada penutupan itu juga diumumkan stand-stand terbaik yang menjadi pemenang Pameran JKPI 2016. Untuk kategori BUMN, BUMD, dan swasta, stand terbaik pertama diraih oleh PT Pertamina Area Sumbagut, terbaik kedua Askrindo Cabang Aceh, dan terbaik ketiga diraih oleh stand Bursa Efek Indonesia.

Sementara juara pertama untuk kategori pemerintahan diraih oleh stand Dinas PU Kota Banda Aceh. Juara dua stand BPMP2T Kabupaten Siak, dan juara tiga ditempati oleh stand Disperindagkop dan UKM Banda Aceh. Sedangkan stand Disbudpar Banda Aceh dinobatkan sebagai stand favorit. Hadiah kepada para pemenang diserahkan oleh Zainal Arifin bersama Wakil Wali Kota Blitar Santoso dan Sekdako Banda Aceh Bahagia.

Dalam sambutannya saat menutup acara, Zainal Arifin mengharapkan beragam kegiatan yang telah digelar dalam rangka Rakernas JKPI di Kota Banda Aceh, dapat berkontribusi positif untuk meningkatkan daya tarik wisatawan berkunjung ke Aceh.

“Harapannya, kegiatan ini akan mampu mendorong peningkatan geliat wisata Banda Aceh yang selanjutnya diikuti dengan peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat seraya membaiknya wajah perekonomian Kota Banda Aceh dengan tetap tanpa menghilangkan nilai-nilai murni religius sebagai patron berkehidupan,”ujarnya.

Menurutnya, salah satu isi penting dari serangkaian kegiatan Rakernas JKPI V ini adalah peningkatan semangat dan kesadaran untuk mewujudkan Banda Aceh sebagai Kota Pusaka Warisan Dunia. “Selanjutnya, kita akan lebih bekerja keras dengan dukungan semua pihak untuk melakukan pelbagai hal yang berkontribusi pada percepatan perwujudan wacana tersebut,”sebutnya.

Pria yang akrab disapa Keuchik Zainal ini, mengimbau seluruh elemen dan warga kota untuk terus memberikan sumbangsihnya baik tenaga dan pikiran strategis sehingga usaha menjadikan Banda Aceh sebagai Kota Pusaka Warisan Dunia bisa segera terealisasi. “Terima kasih kepada seluruh anggota JKPI yang telah dan akan terus memberi dukungan untuk terwujudnya rencana mulia ini,” ungkapnya.

“Semoga kopi dan kuliner Aceh yang telah kami sajikan dan dicicipi oleh para tetamu kami yang terhormat, mampu menjadi magnet untuk mendorong bapak dan ibu sekalian menginjakkan kembali kaki di tanah pusaka Kutaraja ini di lain waktu. Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang terlibat dan berkontribusi dalam serangkaian kegiatan Rakernas JKPI V di Banda Aceh,” pungkasnya.

Selain penampilan beragam kesenian dan kebudayaan Aceh, sebagai acara penutup, pihak panitia menghadirkan penyanyi nasional Cakra Khan. Lewat suara khasnya, pelantun tembang “Harus Terpisah” itu sukses menghibur ribuan warga yang memadati Lapangan Blang Padang.(raja)

Komentar

Loading...