Kadistan Gayo Lues: Lahan Sawah Baru Diharapkan Dorong Peningkatan Produksi Padi

unnamed

unnamed
Kadis Pertanian Gayo Lues Noval @Acehportal.com

Blangkejeren, (Acehportal) – Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Peternakan dan Perikanan Kabupaten Gayo Lues, Nopal SP menyatakan, pembukaan lahan sawah baru di Kabupaten itu diharapkan dapat mendorong peningkatan produksi padi.

“Kita harapkan dengan pembukaan lahan sawah baru ini dapat mendorong hasil produksi padi di wilayah Gayo Lues, sehingga ketergantungan masyarakat terhadap raskin dapat berkurang,”ujar Noval, Kamis (12/05/2016) di Abdya.

Ia menyebutkan, pembukaan lahan sawah baru dilakukan di dua Desa yakni Desa Rerebe seluas 36 hektare, dan Desa Perlak seluas 107 ha. “Di desa Rerebe pembukaan lahan sudah tuntas hingga seratus persen dan sudah siap untuk dilakukan penanaman padi, sedangkan Desa Perlak baru selesai sekitar 80 ha,”sebutnya.

"Dalam waktu dekat kita akan turun kelapangan untuk finishing penanaman, kita upayakan sebelum bulan puasa penanaman padi di Desa Rerebe telah selesai,”ungkapnya.

Dikatakannya, dengan adanya perluasan lahan sawah baru ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap upaya swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah pusat.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan, Dinas Pertanian Gayo Lues bekerjasama dengan TNI hanya untuk cetak sawah dan optimalisasi lahan sawah baru. Langkah itu dilakukan sebagai upaya untuk mencapai swasembada pangan di Gayo Lues.(TR)

Komentar

Loading...