Jelang Ramadhan, Pemko Akan Gelar Pasar Murah

ilustrasi bawang merah lokal (Aceh)/KOMPAS.COM
ilustrasi bawang merah lokal (Aceh)/KOMPAS.COM

Banda Aceh, (Acehportal) - Dalam rangka mengendalikan harga kebutuhan pokok jelang Ramadhan, Pemko Banda Aceh melalui Disperindag dan UKM Kota Banda Aceh bekerjasama dengan Disperindag Provinsi dan Bulog Divisi Regional I Aceh akan menggelar pasar murah.

Hal ini disampaikan Sekretaris Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang juga Kabag Ekonomi Setdakota Banda Aceh, Arie Maula Kafka, Kamis (12/05/2016) diruang kerjanya.

Ia menyatakan, program ini telah dibahas bersama TPID Kota Banda Aceh dalam rapat yang dipimpin Wakil Ketua I TPID Kota Banda Aceh, Ir Gusmeri beberapa hari yang lalu.

“Saat rapat dipimpin Pak Gusmeri, ikut hadir Kabulog Divre Aceh Ahmad Ma’mun, Deputi Kepala Perwakilan BI Aceh Handoko dari BI dan Pak SA Taufik dari BPS Kota. Dalam rapat diputuskan akan ada pasar murah jelang Ramadhan nanti,” ungkap Arie.

Saat rapat berlangsung, Handoko mengatakan beberapa bahan pokok cendrung naik jelang puasa Ramadhan dalam tiga tahun terakhir. Ada lima jenis barang poko penyumbang inflasi terutama saat memasuki bulan Ramadhan, yakni, daging ayam ras, udang basah, ikan kembung dan telur ayam ras.

Selain menggelar pasar murah, TPID Kota Banda Aceh juga akan menggelar operasi pasar beras murni. Kepala Perum Bulog Kadivre Aceh, Ahmad Ma’mun mengatakan, operasi ini dilakukan sebagai upaya menekan harga beras dipasaran dengan harapan ketika harga beras lebih murah, masyarakat dapat menyisihkan uangnya untuk membelanjakan kebutuhan pokok yang lain.

Kemudian TPID Kota Banda Aceh pada pertengahan Mei nanti juga akan kembali mendistribusikan Raskin untuk 6160 rumah tangga sasaran untuk jatah tiga bulan.

TPID Kota Banda Aceh menghimbau kepada masyarakat agar dapat berhemat dan tidak panik memborong sejumlah bahan pokok dalam jumlah banyak, sehingga tidak terjadinya kenaikan harga barang.

Data yang didapat dari Kepala Disperindagkop dan UKM Banda Aceh, Rizal Junaedi SE, pasar murah akan digelar di tujuh lokasi dalam wilayah Banda Aceh. Adapun jenis barang yang dijual adalah, gula pasir, minyak goring kemasan, tepung terigu dan telur ayam.

Sejumlah barang ini dilepas kepada masyarakat dengan harga lebih murah dipasaran karena telah disubsidi oleh Pemko Banda Aceh dan Pemerintah Provinsi.(adi)

Komentar

Loading...