107 Peserta UN SMP di Singkil Tak Hadir

Ilustrasi Siswa SMP @Acehportal.com
Ilustrasi Siswa SMP @Acehportal.com

Singkil, (Acehportal). Hingga hari ketiga Ujian Nasional (UN) tingkat Seko­lah Me­nengah Pertama (SMP) sederajat di Aceh Singkil, Rabu (11/5), tercatat sebanyak 107 dari 2.373 peserta tidak hadir me­ng­ikuti ujian.

Dari data yang diperoleh, jumlah peserta UN sebanyak 2.373 orang berasal dari 41 sekolah, sedangkan 107 peserta yang tidak hadir berasal dari 27 sekolah.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Singkil H Yusfit Helmi kepada Analisa, Rabu (11/5), ketidak-hadiran peserta UN ini hanya sebagian kecil yang tidak hadir karena sakit dan alasan lain.

Sementara sebagian besar lainnya yang tidak hadir meru­pakan siswa yang terdaftar sebagai peserta dari SMP Terbuka yang tercatat sebagai peserta ujian di sekolah induk.Disebutkan, peserta UN dari SMP Terbuka merupakan usia dewasa sehingga sebagian besar ketidak hadiran mereka karena alasan sudah menikah, pindah dan meninggal dunia.

“Hal itu beralasan, karena data peserta UN yang kami terima dari seko­lah merupakan data sebulan sebelumnya, sehingga dalam teng­gang waktu itu terjadi perubahan karena menikah dan alasan lainnya,” kata Yusfit seraya menambahkan kepada peserta yang sakit masih diberikan kesempatan untuk melaku­kan ujian susulan

Dijelaskannya, hingga hari ketiga pelaksanaan UN tingkat SMP di Kabupaten Aceh Singkil berlangsung lancar dan aman. Dia berharap pelaksanan UN hari terakhir, Kamis (12/5), juga sukses karena persiapan yang dilakukan sudah ter­ukur dan lengkap.(Analisa)

Komentar

Loading...