Ada Festival Kuliner Aceh di Blang Padang

Peserta bakar apam, pada Festival Kuliner Aceh, di Blang Padang, Banda Aceh. @Acehportal

Peserta bakar apam, pada Festival Kuliner Aceh, di Blang Padang, Banda Aceh. @Acehportal
Peserta bakar apam, pada Festival Kuliner Aceh, di Blang Padang, Banda Aceh. @Acehportal

Banda Aceh, (Acehportal) - Festival Kuliner Aceh dan Internasional Banda Aceh Coffe Festival 2016 yang dibuka Selasa (10/05/2016) malam,  di Lapangan Blang Padang, oleh  Staf Ahli Bidang Kemaritiman, Kementerian Pariwisata, Syamsul Lussa, dimulai dengan bakar Apam (serabi khas Aceh) yang menggunakan 1000 tungku, dengan  meilibatkan seribuan masyarakat umum, guna memasak apam bersama-sama serta dilanjutkan dengan Khanduri Apam.

Toet apam (bakar apam) dengan 1000 tungku  itu, dicanangkan untuk dapat tercatat sebagai Rekor MURI dengan kategori "Membakar Apam dengan Tungku terbanyak".

Bakar apam yang dimulai sekitar pukul 20.30 WIB itu, terlihat antusias peserta yang diikuti masyarakat, serta partisipasi beberapa komunitas kaum muda, diantaranya Serikat Agam Inong Nanggroe, Agam Inong Kota Banda Aceh, IKAMBA, Dumas Genre, Bina Budaya Aceh, Sobat Budaya Aceh, Earth Hour Aceh.

Kemudian Insta Aceh, Kaskus Regional Aceh, 1000 Guru Chapter Aceh, IPELMABAR, UKM Putroe Phang, Theater Nol, PKK Provinsi Aceh, EOC, Freedom Solidarity, Indoman UTD, CISC Aceh, Genbi Aceh, IPSI Aceh, BNA Skate Boarding, CIMSA Unsyiah, KRI Aceh, dan masih banyak lagi lainnya.

Sementara pada acara pembukaan  Festival Kuliner itu,  ditandai penyeduhan kopi saring oleh Staf Ahli Bidang Kemaritiman, Kementerian Pariwisata, Syamsul Lussa, Walikota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal. Pada pembukaan itu juga dihadiri Walikota Angkara Turky, perwakilan dari Jepang, anggota Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI),  serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Staf Ahli Bidang Kemaritiman, Kementerian Pariwisata, Syamsul Lussa, mengatakan, dengan dibukanya festival ini, kuliner Aceh semakin dikenal. Apalagi Banda Aceh , merupakan warisa dunia yang telah diketahui dunia internasional.

“Dengan festival ini, menunjukkan Aceh punya komitmen  yang kuat untuk meningkatkan kedatangan wisatawan ke Aceh,” ungkapnya.

Adapun Festival Kuliner Aceh akan berlangsung hingga 12 Mei 2016. Para peserta sendiri berasal dari pengusaha kuliner seperti restaurant, rumah makan, cafe, street food dan juga industri rumah tangga. Selain itu, para pencinta kuliner dan praktisi pendidikan juga ikut ambil bagian dalam acara yang bertema melestarikan tradisi dan legenda kuliner Aceh ini.

Selama acara itu berlangsung, panitia juga memberi kesempatan kepada pengunjung untuk mengikuti kontes foto, dengan mengambil foto berbagai makanan khas Aceh yang ada di lokasi Aceh Culinary Festival 2016. Kemudian mempostingnya via akun Instagram dan menyebutkan @disbudpar_aceh dan @festivalkulinernusantara pada tab mention. Hadiannya yang disediakan berupa sejumlah uang tunai. (adi)

Komentar

Loading...