Nasir Djamil: Penyelenggaran Pilkada Diminta Hadirkan Partisipasi Aktif

Nasir Djamil @Acehportal.com
Nasir Djamil @Acehportal.com

Banda Aceh, (Acehportal) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, M Nasir Djamil meminta lembaga penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Provinsi Aceh agar dapat menghadirkan partisipasi aktif masyarakat untuk memberikan hak suara.

“Kita harapkan pihak penyelenggara pemilu untuk dapat menghadirkan partisipasi aktif pada Pilkda 2017 mendatang,”ujar Nasir Djamil, usai menjadi pembicara pada diskusi, di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh, Senin (9/5/2016).

Untuk menghadirkan partispasi masyarakat di Pilkada, tambanya, pihak lembaga penyelenggara harus jujur dan adil dalam melaksanakan tugasnya.

Menurut dia, dengan meningkatnya kesadaran masyarakat maka akan semakin tinggi tingkat partisipasi warga yang memberikan hak pilihnya pada hari pemungutan suara.

"Artinya, masyarakat yang datang dengan kesadaran sendiri bukan ada paksaan atau ancaman oleh pihak atau kelompok tertentu untuk memilih salah satu calon,"ujar Anggota Komisi III DPR RI itu.

Ia mengungkapkan, Aceh harus mempersiapkan diri secara lebih baik dalam pelaksanaan Pilkada 2017 sehingga dapat menjadi contoh bagi provinsi atau kabupaten/kota di Tanah Air yanga akan melaksanaaan pemilihan kepala daerah.

“Karena ketidak jujuran dan ketidak adilan yang dilakukan oleh penyelenggara Pilkada dapat berpotensi terjadinya kemarahan oleh para pendukung yang secara jelas melihat kecurangan yang terjadi tersebut,”sebutnya.

Untuk itu, Ia berharap kepada para penyelenggara Pilkada di Aceh sesuai tingkatan harus melaksanakan tugas sesuai dengan fakta integritas yang ada sehingga Pilkada yang berlangsung benar-benar jujur dan adil.(raja)

Komentar

Loading...