Hasil SNMPTN Unsyiah Hari Ini Diumumkan

Foto: DeTAK Unsyiah

Foto: DeTAK Unsyiah
Foto: DeTAK Unsyiah

Banda Aceh, (Acehportal) - Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2016 akan diumumkan hari ini, Senin (9/5). Para peserta seleksi dapat mengetahui kelulusannya dengan cara mengakses langsung laman resmi SNMPTN http://www.snmptn.ac.id mulai pukul 13.00 WIB.

“Pengumuman kelulusan ini lebih cepat satu hari dibandingkan dengan yang direncanakan sebelumnya,” ujar Kepala Humas Unsyiah, Dr Ilham Mau­lana kepada wartawan, Minggu (8/5).

SNMPTN merupakan jalur masuk bebas test tulis yang berbasis pada prestasi peserta saat duduk di SMA/MA/SMK. Jalur yang sering disebut jalur undangan ini sudah dimulai pro­sesnya sejak Januari 2016. Sebanyak 16.950 orang terdata sebagai peserta SNMPTN di Unsyiah.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, mereka yang dinyatakan lulus SNMPTN masih harus mengikuti proses ve­rifikasi di perguruan tinggi yang dipilih pada 31 Mei 2016.

Tanggal tersebut bertepatan dengan jadwal pelaksanaan ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Ketidakhadiran pada tanggal tersebut akan menggugurkan status kelulusan SNMPTN.

SBMPTN merupakan jalur lain masuk ke PTN dengan metode test tulis. Selain itu, masih ada satu jalur terakhir untuk mengakses perguruan tinggi, yaitu jalur mandiri yang akan dilakukan setelah pengumuman SBMPTN.

Khusus di Universitas Syiah Kuala, porsi penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPTN dan jalur mandiri ma­sing-masing adalah 35 persen dan 25 persen, sementara 40 persen lainnya diterima melalui jalur SNMPTN.

Sementara itu, jumlah pendaftar SBMPTN di panitia lokal Unsyiah ma­sih relatif sepi. Hingga Minggu (8/5) sore, hanya 3.281 orang pendaftar yang ter­catat telah melakukan proses pen­daftaran.

Sebanyak 958 orang di antaranya me­rupakan pemilih bidang sains dan tek­nologi (Saintek), sebanyak 911 orang merupakan pemilih bidang Sosi­al dan Humaniora (Soshum) serta se­ba­nyak 1.412 orang memilih jalur cam­puran.

Jumlah pendaftar diperkirakan akan melonjak tinggi setelah hasil SNMPTN diumumkan pada hari ini. Pen­daftaran SBMPTN dapat dilakukan secara online melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id hingga 20 Mei 2016, pukul 22.00 WIB.

Berbeda dengan tahun sebelum­nya, SBMPTN tahun ini juga dilakukan dengan testing berbasis komputer atau Computer Based Testing (CBT). Namun, kuota CBT ini menjadi rebutan para peserta, terutama mereka yang telah lulus SMA/MA/SMK tahun lalu.

Unsyiah merupakan salah satu lokasi pelaksanaan CBT dengan jumlah kuota 60 kursi. Khusus tahun ini, pelaksanaan CBT masih hanya dilakukan di 30 lokasi saja.

Tahun ini, para peserta yang ingin memilih program studi di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry juga dapat mendaftarkan diri melalui jalur SBMPTN panitia lokal Unsyiah. Pa­ling tidak hal ini berlaku untuk 15 program studi UIN yang bersifat umum, seperti program-program studi ilmu teknik.

Sementara lima Program Studi (Prodi) yang paling banyak dipilih oleh peserta SBMPTN di Unsyiah hingga sore kemarin, berturut-turut adalah Prodi Manajemen, Prodi Ilmu Hukum, Prodi Akuntansi, Prodi Pendidikan Dokter dan Prodi Farmasi.

Di sisi lain lima program studi yang paling sepi peminat Prodi Fisika, Prodi Teknik Geofisika, Prodi Manajemen PDD Gayo Lues, Prodi Kehutanan PDD Gayo Lues, dan Prodi Pendidikan Biologi PDD Gayo Lues. (analisadaily)

Komentar

Loading...