STAIN Meulaboh Kembangkan Otomasi Perpustakaan

Perpus STAIN Meulaboh @acehportal.com

Perpus STAIN Meulaboh @acehportal.com
Perpus STAIN Meulaboh @acehportal.com

Meulaboh, (Acehportal) - Dalam rangka mewujudkan program pengembangan sistem otomasi perpustakaan Perguruan Tinggi berbasis web, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh bersama Aceh Library Consultant (ALC) melakukan terobosan baru dengan melakukan otomasi dan digitalisasi sistem perpustakaan kampus setempat.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari, mulai Kamis hingga Sabtu (5-7/5 2016).

Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr.H.Syamsuar Basyariah, M.Ag mengatakan, perpustakaan merupakan jantung sebuah perguruan tinggi yang menjadi sumber belajar dan referensi bagi mahasiswa. “Oleh karena itu, dibutuhkan terobosan dengan melakukan otomasi perpustakaan guna meningkatkan layanan serta kemudahan dalam temu kembali informasi,”jelasnya.

“Walaupun belum maksimal, namun setidaknya terobosan ini bisa membantu temu kembali informasi serta kemudahan akses buku yang menjadi rujukan setiap sivitas akademika STAIN Tengku Dirundeng Meulaboh,”kata Syamsuar melalui Kepala Bagian Humas dan Informasi, Mukhsinuddin,S.Ag  MM, Sabtu (7/5) di kampus STAIN TDM Meulaboh.

Ia juga menjelaskan, kedepannya untuk mencari koleksi buku tidak perlu lagi datang ke rak rak yang ada di Ruangan,  tapi  cukup dengan search di OPAC semua sudah diarahkan oleh sistem yang ada.

“Sekarang perpustakaan kita memiliki 10.000 koleksi dan sudah di online-kan, dan dalam waktu dekat kita sedang mempersiapkan penggadaan buku lagi untuk mendukung proses belajar mengajar di STAIN Tengku Dinrundeng,”terangnya.

“Selama kegiatan itu fokus pada pengembangan sistem otomasi perpustakaan berbasis web dengan menggunakan software SLiMS,”ujar Arkin, S.IP, penanggungjawab pelaksana bedah perpustakaan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.

Untuk tahap awal, katanya, pihaknya fokus pada pengembangan sistem otomasi dengan menggunakan software SLiMS. Setelah data semuanya terintegrasi dari manual ke otomasi.

Dalam hal ini, kata Arkin selaku Manager Program dan Kerjasama ALC, pihaknya juga akan membuat MoU dengan kampus STAIN TDM Meulaboh terkait pengembangan dan pendampingan serta pelatihan bagi staf perpustakaan.

“Disamping membangun otomasi perpustakaan, kita juga mempunyai tanggungjawab untuk melakukan pelatihan dan pendampingan bagi staf perpustakaan,”ujarnya.(wan)

Komentar

Loading...