Jelang Bulan Ramadhan, Petani Abdya mulai Tanam  Semangka

lahan pertania @acehportal.com

lahan pertania @acehportal.com
lahan pertania @acehportal.com

Blangpidie, (Acehportal) – Menjelang memasuki bulan Ramadhan, para petani di sejumlah Kecamatan di wilayah Blangpidie mulai turun ke ladang untuk menanam semangka.

Seperti halnya masyarakat di Desa Mata Ie, Kecamatan Blangpidie dan Desa Rubek Mepayong, Kecamatan Susoh Abdya, mereka sudah mulai menanam semangka setelah pasca panen padi. Setelah panen padi lahan mereka digarap untuk menanam semangka untuk persiapan menjelang datangnya bulan puasa.

“Kami mulai mengarap lahan sawah yang ditanami padi sebelumnya untuk menanam semangka menjelang bulan puasa,”ujar Mahmuddin, salah seorang petani di desa Mata Ie, Minggu (8/5/2016).

Ia menyatakan, sebagian petani yang sudah selesai panen padi, biasanya kembali mengarap lahannya untuk menanam semangka mengingat bulan depan sudah memasuki bulan Ramadhan.

“Karena pada bulan puasa semangka menjadi sajian favorit masyarakat untuk minuman berbuka. Jika ditanam sekarang kami memperdiksi pada puasa ke 20 nanti akan panen," kata Mahmuddin.

Hal sama juga diungkapkan, Saidul Bahri seorang petani di desa setempat, menjelang bulan puasa biasanya banyak masyarakat tani yang kembali mengarap lahan sawahnya untuk menanam tanaman semangka sebagai pendapatan di selama bulan Ramadhan.

"Sambil menunggu musim tanam padi mendatang, apalagi jelang Bulan Ramadhan kami memamfaatkan lahan untuk menanam semangka," ujarnya.(mus)

Komentar

Loading...