Kisah Mengerikan Perjanjian Manusia dengan Iblis

John Dee@BBC

John Dee@BBC
John Dee@BBC

JAKARTA -- Keserakahan hidup tidak jarang membuat orang melakukan hal yang paling aneh, seperti menghamba kepada iblis. Mereka melakukan ritual hitam agar iblis datang dan memenuhi keinginan mereka. Namun, sebagai gantinya iblis selalu meminta sesuatu yang berharga seperti jiwa mereka.

Dee merupakan seorang matematikawan, astronom, astrolog, okultis, navigator, dan imperialis asal Inggris Raya. Dee menjelajahi dunia ilmu pengetahuan dan sihir.

Menjadi salah satu orang paling terpelajar di abadnya, ia telah diundang untuk kuliah pada bidang aljabar lanjutan di Universitas Paris saat masih berusia di awal dua puluhan. Dee adalah seorang promotor ilmu matematika dan astronom yang dihormati, serta ahli terkemuka dalam navigasi, dimana muridnya banyak yang melakukan pelayaran penjelajahan.

Bersamaan dengan upaya tersebut, Dee membenamkan dirinya dalam dunia sihir, astrologi dan filsafat Hermetik. Dia mencurahkan banyak waktu dan usaha dalam tiga puluh tahun terakhir atau lebih dari hidupnya untuk mencoba berkomunikasi dengan iblis untuk mempelajari bahasa universal penciptaan dan membawa kesatuan pra-apokaliptik umat manusia.

Sebagai mahasiswa dari Guru Renaissans Neo-Platonisme, Marsilio Ficino, Dee tidak menarik jauh perbedaan antara penelitian matematika dan investigasinya ke sihir Hermetik, pemanggilan iblis dan ramalan. Sebaliknya ia menganggap semua kegiatan untuk membentuk aspek yang berbeda dari pencarian yang sama: mencari pemahaman transenden yang mendasari bayangan yang terlihat, yang disebut Dee "verities murni".(republika)

Komentar

Loading...