Nusantara Mengaji, 313 ribu peserta daftar khataman Alquran

hataman Al-quran di Masjid Sunda Kelapa. ©2016 Merdeka.com/imam buhori

hataman Al-quran di Masjid Sunda Kelapa. ©2016 Merdeka.com/imam buhori
hataman Al-quran di Masjid Sunda Kelapa. ©2016 Merdeka.com/imam buhori

Jakarta, (Acehportal) - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menggagas Gerakan Nusantara Mengaji. Rencananya gerakan ini akan menyelenggarakan 300 ribu khataman Al-Quran serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 7 hingga 8 Mei 2016. Ia mengatakan acara ini digelar agar negara Indonesia diberi keselamatan, keberkahan dan kesejahteraan.

Cak Imin menilai pemerintah saat ini telah berusaha dengan keras membangun negara, namun di perjalanannya tak selamanya berjalan mulus. Sebab, katanya, usaha saja tidak cukup agar Indonesia lebih baik, tapi harus pula diiringi doa dari jutaan masyarakat Indonesia.

"Tujuannya untuk melaksanakan Riyadhah Nasional untuk keselamatan, keberkahan dan kesejahteraan Bangsa Indonesia. Mudah-mudahan akan senantiasa diperoleh dan siap bersaing dengan bangsa lain," kata kata Cak Imin usai acara ramah tamah 'Nusantara Mengaji' di Ciganjur, Jakarta Selatan, Jumat (6/5).

Dia pun mengonfirmasi, sampai saat ini telah tercatat 313.339 kali khataman Alquran yang akan dibaca di 67.813 lokasi di 401 kabupaten atau kota dari 34 provinsi se-Indonesia. Setidaknya, sudah ada sekitar 2.089.610 juta masyarakat yang akan berkontribusi.

"Sejak kita deklarasikan alhamdulillah dilaporkan baik secara online maupun melalui korda-korda, Alhamdulillah telah siap khataman yang tercatat sejumlah 313.339. Sejumlah terlibat yang akan baca 2.089.610 orang bersama sama pada tanggal 7,2 juta lebih umat Islam akan bareng pukul 19.30 WIB. Nanti berakhir tanggal 8 Mei," jelasnya.

Selain itu, lanjut Cak Imin, beberapa menteri dan pejabat daerah setempat rencananya akan turut berpartisipasi di berbagai daerah di Indonesia. Sebut saja, Menkominfo Rudiantara yang mendampingi di Brebes, Jawa Tengah; Menteri Ekonomi Darmin Nasution di Kudus, Jawa Tengah; Imam Nahrawi di Kalimantan Selatan dan lainnya.

"Menkominfo di Brebes jateng, Menteri Imam Nahrawi di Kalsel dan beberapa menteri lain Pak Darmin di Kudus. Juga bupati-bupati terkait yang menggerakkan untuk sama-sama mendoakan bangsa dan negara," tandas Cak Imin.

Besarnya animo masyarakat yang ikut, diklaim Cak Imin tak lepas dari gencarnya sosialisasi baik secara online melalui website www.nusantaramengaji.com maupun posko-posko pendaftaran yang tersebar di ratusan kabupaten dan kota.

"Bahkan pendaftaran online termasuk teman kita di luar negeri semua terlibat dengan berbagai profesi dan semangat yang sama bahkan yg menarik banyak napi yang ikut membaca," pungkasnya. (Merdeka.com)

Komentar

Loading...