Membahayakan Pengunan Jalan, Petani Diminta Tak Bakar Jerami Sembarangan

Kepala BPBK Abdya,Amiruddin,ST.@acehportal.com

Kepala BPBK Abdya,Amiruddin,ST.@acehportal.com

Blangpidie, (Acehportal)- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Barat Daya, Amiruddin,ST, mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak membakar jerami sembarangan, hal itu untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran.

“Bagi petani yang sawahnya berdekatan dengan jalan nasional untuk tidak membakar jerami sembarangan karena dapat menyebabkan polusi udara karena dapat membahayakan pengguna jalan,”ujar Amiruddin, Kamis (5/5/2016).

Menurut dia, membakar jerami bisa membahayakan orang lain, apalagi berdekatan dengan jalan raya ataupun berdekatan dengan pemukiman warga. “Cari solusi lain jangan dengan membakar, misalnya bagaimana mengolah jerami tersebut agar bermanfaat,”katanya.

Kebiasaan petani pasca panen, jelasnya, tumpukan jerami akan dibakar. Namun kebiasaan itu selain menyebabkan polusi udara juga sangat membahayakan keselamatan pengguna jalan,”pungkasnya.

Menurut Saidun (42), warga Rubek Mepayong Kecamatan Susoh  yang rumahnya berdekatan dengan sawah juga mengaku terganggu dengan kepulan asap dari pembakaran jerami.

“Kalau ada yang membakar jerami maka asapnya akan mengepung rumah saya sesuai arah angin,"katanya.(mus)

Komentar

Loading...