Ketua PWI Aceh: Wartawan Jadi Timses Harus Mengundurkan Diri

foto: acehportal

foto: acehportal
foto: acehportal

Banda Aceh, (Acehportal) – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Aceh, Tarmilin Usman mengungkapkan, bagi wartawan yang ingin menjadi tim sukses dan calon kandidat kepala daerah harus mengundurkan diri sebagai wartawan.

Hal itu disampaikan Ketua PWI Aceh Tarmilin Usman pada acara Focus Group Discussion (FGD), tentang Peran Lembaga Pers Menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 di aula PWI Aceh, Rabu (4/5/2016) di Banda Aceh.

Kegiatan yang digelar PWI Aceh bersama dengan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol Linmas) itu diikuti oleh puluhan wartawan dari berbagai media di Aceh.

Tarmilin Usman yang menjadi nara sumber utama FGD itu menyatakan, bedasarkan surat edaran Dewan Pers yang dikeluarkan oleh Ketua PWI pusat bahwa setiap wartawan yang menjadi timses dan memihak kepada salah satu calon kandidat harus mengundurkan diri.

Untuk itu, kita mengajak semua wartawan untuk betul-betul Independen dalam melakukan peliputan maupun pemberitaan terkait pemberitaan Pilkada sehingga berita itu tidak memunculkan keresahan dikalangan masyarakat.

“Wartawan harus menjadi contoh yang baik bagi wartawan lain dalam peliputan pada Pilkada yang akan berlangsung pada tahun 2017,”ujar Ketua PWI Aceh.

Menurut dia, perlu ada pendidikan khusus bagi wartawan yang melakukan peliputan tentang Pilkada Aceh. Karena wartawan itu tidak boleh memihak dan tidak boleh berada di sekelompok tertentu.(adi)

Komentar

Loading...