BPS Aceh Kerahkan 5.604 Petugas Sensus Ekonomi

foto: analisa

foto: analisa
foto: analisa

Banda Aceh, (Acehportal) - Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh mengerahkan sebanyak 5.604 petugas untuk pendataan dalam pelaksanaan Sensus Ekonomi (SE) 2016 di provinsi itu mulai 1-31 Mei mendatang.

Gubernur Aceh, Zaini Abdullah secara resmi melakukan launching Sen­sus Ekonomi (SE) 2016 di Pendo­po Gubernur Aceh, Minggu (1/5). Sensus tersebut secara resmi dimulai se­telah Gubernur Zaini Abdullah menja­di responden pertama SE 2016.

“Kita sudah menyebarkan 5.604 petugas sensus untuk mengumpulkan data dasar seluruh kegiatan ekonomi, mulai pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah hingga pelaku usaha besar, seperti perusahaan,” ujar Kapala BPS Aceh, Hermanto.

Badan Pusat Statistik (BPS) akan melakukan sensus selama satu bulan ke depan secara serentak di seluruh Indonesia, termasuk di Aceh oleh petugas BPS Aceh dan petugas BPS di kabupaten/kota.

Sensus ini, kata Hermanto, dilaku­kan untuk mengetahui kondisi pereko­nomian di seluruh Indonesia termasuk Aceh sehingga nantinya menjadi landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan ke depan.

Gubernur Aceh, Zaini Abdullah berpesan kepada petugas sensus agar bekerja maksimal dan mengede­pan­kan kejujuran dalam menjalankan tugas sehingga data yang didapatkan sesuai dengan kondisi di lapangan.

Gubernur juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan sensus ekonomi 2016 yang akan dilakukan selama satu bulan ke depan. “Kita harap seluruh masyarakat membantu petugas sensus di lapangan dengan memberikan infor­masi yang benar,” terang Zaini.

BPS juga mengimbau jika ma­syara­kat atau usahanya didatangi petu­gas Sensus Ekonomi 2016 agar diteri­ma dengan baik dan meminta diperli­hatkan tanda pengenal, serta per­hatikan segala atribut.

“Jawablah semua pertanyaan de­ngan baik dan jujur. Perlu untuk diketahui, ini tidak dipungut biaya, kerahasiaan data dilindungi UU No. 16 Tahun 1997 tentang Statistik, serta tidak ada kaitannya dengan pungutan pajak,” jelas Hermanto.(Analisa)

Komentar

Loading...