AJI Banda Aceh Kutuk Aksi Pembubaran Nobar “Pulau Buru Tanah Air Beta”

Ilustrasi aksi wartawan di Banda Aceh @Merdeka

Ilustrasi aksi wartawan di Banda Aceh @Merdeka
Ilustrasi aksi wartawan di Banda Aceh @Merdeka

Banda Aceh, (Acehportal) - Pembubaran agenda nobar  "Pulau Buru Tanah Air Beta" Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Yogyakarta oleh polisi dan ormas FKPPI kemarin, merupakan tindakan intoleran. Aksi mengekang kebebasan berekspresi ini terjadi di kala dunia memperingati Hari Pers Internasional atau World Press Freedom Day, 3 Mei 2016.

Tindakan ini merupakan bentuk nyata polisi dan sejumlah organisasi massa yang belum bisa menerima perbedaan.

“Karena itu, AJI Banda Aceh mengutuk keras aksi pembubaran nobar AJI Yogya oleh polisi. Ini semakin menegaskan bahwa polisi kembali menjadi musuh kebebasan pers di Indonesia. Tindakan ini menciderai kebebasan berekspresi yang dilindungi undang-undang,” kata Ketua AJI Banda Aceh, Adi Warsidi melalui siaran pers yang diterima wartawan, Rabu (04/05/2016).

AJI Banda Aceh, tambahnya, mendesak Polda Daerah Istimewa Yogyakarta dan jajarannya, serta semua pihak untuk menghargai dan menghormati kebebasan pers dan kebebasan berekspresi yang dilindungi undang-undang.

Presiden Joko Widodo, juga diminta untuk menegur dan memberikan peringatan keras kepada polisi yang telah berperilaku intoleran dan menghambat kebebasan berekspresi. (rilis)

Komentar

Loading...