Selama April, Israel Lakukan 42 Kekerasan kepada Wartawan Palestina

Ilustrasi @AFP PHOTO / ABBAS MOMANI

@AFP PHOTO / ABBAS MOMANI
@AFP PHOTO / ABBAS MOMANI

Ramallah, (Acehportal) - Sebuah komite Palestina mendokumentasikan sebanyak 42 kekerasan terhadap wartawan dan grup media mereka yang dilakukan oleh pihak Israel sepanjang April 2016. Laporan tersebut diterbitkan oleh Komite Pelindung Jurnalis pada Minggu 1 Mei 2016.

Seperti diwartakan Middle East Monitor, Selasa (3/5/2016), komite tersebut menuduh Israel membahayakan keselamatan wartawan Palestina dengan melarang impor rompi antipeluru dan perangkat keamanan lainnya dengan dalih palsu. Tindakan itu dinilai melanggar undang-undang (UU), nilai, dan konvensi internasional.

Kekerasan yang dilakukan Israel sepanjang April termasuk delapan kasus penahanan dan interogasi. Laporan itu mendokumentasikan delapan perpanjangan masa tahanan terhadap wartawan. Satu orang wartawan mendapatkan perpanjangan masa tahanan, sedangkan dua lainnya langsung dijatuhi hukuman penjara.

Komite itu juga menilai wartawan mengalami kekerasan akibat terpapar gas air mata selama mereka meliput aksi damai di Ramallah, Palestina. Bahkan, empat wartawan dilecehkan oleh warga Israel.

Tidak hanya itu, pasukan Israel bahkan memaksa masuk ke dalam rumah empat wartawan dan dua kantor grup media hingga menimbulkan kerusakan. Sebagai bagian dari tindakan tegas terhadap kebebasan media, Israel memblokir wartawan dari peliputan beberapa acara dan mencegah dua wartawan bepergian ke luar Palestina. (okezone)

Komentar

Loading...