Jurnalis di Banda Aceh  Gelar WPFD

ilustrasi jurnalis @acehportal.com

ilustrasi jurnalis @acehportal.com
ilustrasi jurnalis @acehportal.com

Banda Aceh, (Acehportal) - Sejumlah wartawan yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Banda Aceh menggelar aksi Worls Press Freedom Day (WPFD) 2016 atau Hari Kebebasan Pers se-Dunia, di Simpang Jembatan Pante Pirak, Banda Aceh, Selasa (3/5/2016).

Dalam aksi yang dimulai sekitar pukul 17.00 WIB itu, belasan jurnalis dari berbagai media cetak dan elektronik mengenakan masker dan membawa kipas bertuliskan "Beda Itu Hak", yang merupakan berbeda setiap informasi yang diberitakan

Ketua AJI Banda Aceh, Adi Warsidi mengatakan, merupakan sebagai bentuk kampanye Hari Kebebasan Pers se-Dunia yang diperingati setiap 3 Mei. Hal itu guna mengurangi kekerasan dan memberikan kebebasan bagi jurnalis saat menyampaikan informasi yang lebih akurat.

"Aksi ini sebagai bentuk dukungan kita kepada wartawan di Provinsi lain di Indonesia yang merasa kerja jurnalistiknya dikekang,"kata Adi.

Karena menurutnya, kasus-kasus kekerasan terhadap jurnalis itu sering terjadi di wilayah timur Indonesia, seperti di Papua. Banyak wartawan di sana yang mengalami tindak kekerasan dilakukan oleh oknum aparat keamanan.

"Jadi banyak kawan-kawan media di sana terbelenggu saat melakukan tugas jurnalistiknya yang dilakukan oleh oknum aparat keamanan. Makanya kita buat aksi ini sebagai solidaritas memberi dukungan kepada mereka,"tambahnya.

Ia mengharapkan, kedepan tidak terulang lagi kasus kekerasan terhadap wartawan, baik di Aceh, Indonesia bahkan dunia.(adi)

Komentar

Loading...