Gubernur Janji Perhatikan Nasib Buruh di Aceh

Gubernur Zaini @acehportal.com
Gubernur Zaini @acehportal.com

Banda Aceh, (Acehportal) – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah menyatakan,  akan terus berupaya memberi perhatian kepada pekerja dan buruh di Provinsi itu. Hal itu disampaikan Gubernur Zaini saat melakukan ramah tamah dengan para pekerja dan buruh Aceh di Anjong Mon Mata, Senin (2/5) malam.

Ia berharap, momentum peringatan Hari Buruh Sedunia dapat mendorong semua pihak untuk lebih memperhatikan pekerja dan buruh di Aceh. ”Saya mengucapkan selamat hari pekerja kepada seluruh pekerja yang ada di Aceh," ujar gubernur.

Pada kesempatan tersebut, Zaini Abdullah menyampaikan beberapa langkah yang akan ditempuh Pemerintah Aceh untuk meningkatkan kesejahteraan para pekerja di Aceh.

Untuk itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Mobilitas Penduduk Aceh diminta untuk mengkaji secara periodik penyesuaian UMP yang layak bagi para pekerja di Aceh. Kajian tersebut harus dilakukan bersama  para pemangku kepentingan, termasuk dengan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

Untuk menyesuaikan UMP di seluruh Aceh, kata gubernur, akan menyurati pemerintah kabupaten/kota agar mematuhi kebijakan pengupahan sesuai dengan Undang-Undang  Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, khususnya yang berkaitan dengan hak pengupahan yang layak.

“Saya harap semua pihak mengambil peran dan memberi masukan kepada Pemerintah Aceh sehingga penanganan masalah pekerja di Aceh dapat diselesaikan dengan cepat,” ujar Zaini.

Terkait dengan Qanun no 7 tahun 2014 tentang Ketenagakerjaan yang sudah disahkan, gubernur mengatakan akan segera mengeluarkan peraturan gubernur sebagai pedoman pelaksanaan  bagi qanun tersebut sehingga payung hukum bagi pekerja di Aceh lebih kuat.(adi)

Komentar

Loading...