Pemkab Pidie Komit Tingkatkan Mutu Pendidikan

JpegPidie, (Acehportal) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie sangat berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan dan mutu pendidikan di wilayah tersebut.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Pidie, M. Iriawan, SE pada Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2016 di halaman kantor Bupati setempat, Senin (2/5/2016).

Untuk itu, Wabup mengajak semua pihak untuk bersama-sama membagun pendidikan yang lebih baik kedepan. “Kami mengajak semua elemen masyarakat untuk membantu Pemerintah dalam peningkatan pelayanan dan kualitas pendidikan,”ungkapnya.

Melalui peringantan Hardiknas ini, katanya, menjadi renungan dan intropeksi diri terhadap strategi apa yang perlu dilakukan ke depan agar pendidikan Pidie bisa lebih baik lagi. “Kita dulu pernah mengalami masa gemilang dalam bidang Pendidikan, oleh karena itu, bagaimana pendidikan Pidie bisa kembali gemilang seperti kejayaan sebelumnya,”ungkapnya.

“Kita merindukan masa kegemilangan itu, tentu semua itu tidak mungkin datang dengan sendirinya seperti membalik telapak tangan. Kita harus bekerja keras bersatu padu dalam menggerak setiap potensi yang ada dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Pidie,”pungkasnya.

Lebih lanjut, Wabup mengingatkan, peringatan Hardiknas yang diperingati setiap tahun jangan hanya menjadi seremonial semata, tapi harus dijadikan sebagai momentum untuk peningkatan mutu pendidikan daerah.

Wabup M. Iriawan

Dalam kesempatan itu, Wabup M. Iriawan yang membacakan kata sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Anis Baswedan menyampaikan apresiasi dan penghormatan kepada para pendidik di seluruh jenjang.

Menurut dia, para pendidik di seluruh penjuru nusantara tidak pernah lelah menyalurkan inspirasi, membuka jalan pencerahan, dan membangkitkan asa setiap insan yang dididik agar menjadi manusia yang berkarakter, berpengetahuan, dan memberi faedah.

Dikatakannya, Hardiknas ini diperingati sebagai hari kesadaran tentang pentingnya kualitas manusia. Indonesia akan menjadi bangsa yang disegan dunia dan berhasil dalam berbagai kompetisi di era global, jika bagus kualitas sumber daya manusianya.

“Manusia yang terdidik dan tercerahkan, adalah kunci kemajuan bangsa. Karena segala capaian yang kita raih sebagai individu maupun sebagai bangsa kolektif tidak lepas dari persinggungan dengan pendidikan,”tambahnya.

menurutnya, mutu dan jenjang pendidikan berdampak besar pada ruang kesempatan untuk maju maupun sejahtera. Maka, setiap manusia Indonesia harus mendapatkan akses pendidikan yang bermutu sepanjang hidupnya.

Selain itu, katanya, revolusi teknologi menjadi pendorong lompatan perubahan yang akan berpengaruh pada cara kita hidup, kita bekerja dan tentunya cara kita belajar. Namun yang harus kita pastikan kepada anak-anak kita adalah memberikan dukungan sepenuhnya kepada mereka untuk menyiapkan diri meraih kesempatan yang terpampang di hadapannya.

“Salah satu dukungan yang perlu kita berikan pada anak-anak Indonesia adalah memastikan apa yang mereka pelajari saat ini memang dibutuhkan untuk menjawab tantangan zaman,”terangnya.

Kadis Pendidikan Pidie Murthalamuddin

Sementara di tahun 2016 ini, sebut M. Iriawan, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) berbasis computer menjadi tantangan yang cukup berat bagi dunia pendidikan. Oleh karena itu, peningkatan mutu pendidikan sangat diutamakan dalam menunjang prestasi pendidikan.

"Karena dengan sistem UN secara online ini kumungkinan kecurangan tidak akan terjadi lagi. Jadi tidak alasan bagi siswa tidak belajar dengan baik karena tidak ada alas an lagi menunggu belas kasihan dari orang lain,”sambungnya.

Wabup M. Iriawan menyatakan, pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat SMA/MA/SMK yang sudah dilaksanakan di Kabupaten Pidie berlangsung aman.(aju)

Komentar

Loading...