Setiap Tahun, Aceh Target Kunjungan Wisman Meningkat 30 Persen

Wisatawan asing Foto:acehportal.com

Wisatawan asing @acehportal.com
Wisatawan asing @acehportal.com

Banda Aceh, (Acehportal) - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi mengatakan, tingkat kunjungan wisatawan local maupun mancanegara yang datang ke Provinsi Aceh setiap tahunnya terus meningkat.

“Hal itu dikarenakan Provinsi kita memiliki berbagai sector wisata yang layak untuk dikunjungi oleh para wisatawan baik itu wisata religi, wisata tsunami maupun wisata alam,”ujar Reza Fahlevi, kepada wartawan, Minggu (1/5) di Banda Aceh.

Untuk itu, kata Reza Fahlevi, Aceh menargetkan jumlah kunjungan wisman yang datang ke Provinsi paling ujung barat Indonesia ini bisa meningkat 25 hingga 30 persen setiap tahunnya.

Ia menyatakan, setiap tahun tingkat kunjungan wisata ke Aceh terus mengalami peningkatan, hal itu dikarenakan di dukung dengan potensi wisata yang dimiliki Aceh.

“Hampir di seluruh daerah di provinsi ini memiliki sector wisata andalan yang layak dikunjungi oleh wisatawan local maupun mancanegara, sehingga kita targetkan kunjungan wisatawan bisa meningkat hingga 30 persen setiap tahunnya,”jelasnya.

Guna menggaet wisatawan, tambahnya, Pemerintah Aceh bersama pemerintah kabupaten/kota memperbanyak kegiatan-kegiatan pariwisata, termasuk event seni dan budaya.

Selain itu, kata Reza, Pemerintah Aceh maupun pemerintah kabupaten/kota membenahi infrastruktur pariwisata, seperti melengkapi fasilitas yang ada guna memanjakan wisatawan yang berkunjung.

Lebih lanjut, Reza Fahlevi menyebutkan, jumlah kunjungan wisatawan yang berkunjung ke provinsi paling ujung barat Indonesia ini pada 2014 lebih dari satu juta pengunjung.

“Angka ini bertambah lebih dari 1,6 juta wisatawan dalam negeri maupun mancanegara berkunjung ke Aceh pada 2015. Ini menunjukkan hal positif terhadap perkembangan sektor pariwisata Aceh, dan sebagai upaya peningkatan pendapatan asli daerah (PAD),”ungkap Reza.

Terkait wisata halal, jelas Reza, pihaknya akan terus berupaya melengkapi persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan, sehingga Aceh menjadi destinasi wisata halal yang ditetapkan pemerintah.

"Menyangkut wisata halal ini, kami juga berkoordinasi dengan Majelis Permusyawaratan Ulama atau MPU serta mengomunikasikannya dengan pelaku pariwisata," ungkap Reza Fahlevi.(ro)

Komentar

Loading...