Malam Ini, Persiraja Andalkan Pemain Muda Lawan PSMS

Ilustrasi sepak bola (Abdillah/Liputan6.com)

Banda Aceh, Acehportal.com - Persiraja Banda Aceh akan menjamu PSMS Medan dalam laga perdana Indonesia Soccer Championship (ISC) seri B, di Stadion H Dimurthala, Lampinueng, Banda Aceh, Minggu (01/05/2016) malam nanti.

Dalam laga yang ditunggu-tunggu publik Aceh, khususnya Banda Aceh nanti, Pelatih tim berjuluk Laskar Rencong, Akhyar Ilyas, akan mengandalkan pemain-pemain muda. Apalagi berbekal kemenangan di tiga laga uji coba terakhir kontra PSAD (2-0), Jeulingke FC (3-1) dan tim PPLP Aceh (2-1), anak-anak tanah Rencong optimis.

“Pemain sudah sangat siap untuk bertanding, pemain juga sudah lama menanti laga ini,” kata Akhyar Ilyas. Betapa tidak, satu musim yang lalu, pemain-pemain muda Persiraja yang seharusnya melakukan debut, gagal karena kisruh sepakbola Indonesia.

Meski beberapa pemain masih dalam kondisi belum fit 100 persen, sebut saja Safri Zani, Andri Mulyadi, dan Angga Parnanda. Pelatih Akhyar Ilyas bersama asistennya Wahyu AW sudah mempunyai nama lain jika memang pemain-pemain tersebut belum bisa diturunkan.

Skuad Persiraja Banda Aceh kali ini bisa dikatakan lebih lengkap, pemain depan Fahrizal Dillah yang sempat merantau ke Semen Padang dan Gresik United, kini telah kembali bermain untuk Persiraja. “Saya akan berusaha memberikan yang terbaik untuk klub kelahiran saya,” katanya.

Sama halnya dengan pemain bawah Ikhwani Abdullah, sempat bermain satu musim di Gresik United, kini Ikhwani sudah siap untuk kembali membela Laskar Rencong.

Sementara tim tamu dibawah sang arsitek Suharto AD, menargetkan bawa pulang tiga poin dalam mengawali kompetisi ini.

Tim yang berjuluk Ayam Kinantan ini sendiri, tiba di Ibukota Provinsi Aceh sejak Jumat (29/4/2016) lewat transportasi udara. Tentu ini hal yang berbeda dari PSMS yang biasanya menggunakan perjalanan darat. Hal itu dilakukan untuk menjaga kondisi fisik tetap prima.

Pada latihan terakhir, Suharto juga sudah meminta skuadnya beradaptasi dengan jadwal laga di malam hari.

“Latihan terakhir kita di Medan kita gelar malam hari. Hal itu dilakukan agar bisa beradaptasi karena bakal berbeda main malam dengan siang. Intinya kita sudah siap dan tinggal bagaimana pemain bisa menjalankan instruksi di lapangan,” kata Suharto.

Laga ini menjadi ujian sebenarnya untuk apa yang telah dipersiapkan Suharto selama dua bulan terakhir. Termasuk menguji komposisi baku yang dipersiapkannya. Sejauh ini, PSMS memang hanya diuji tim-tim lokal.

“Kita juga kurang tahu seperti apa persiapan Persiraja. Yang pasti mereka juga mengandalkan pemain-pemain muda. Tapi apapun ceritanya mereka tuan rumah, dan bukan hal yang mudah membawa pulang poin dari sana,” kata pelatih berlisensi C AFC itu.

Duel terakhir di 2014 lalu, PSMS membawa pulang kekalahan dari markas Persiraja. Kemenangan terakhir diraih PSMS di Aceh pada tahun 2007.

Dari skema 4-2-3-1 yang diusungnya, Suharto memang sudah menemukan 80 persen komposisi baku. Di bawah mistar bercokol Abdul Rohim.

Di lini belakang, absennya Antoni karena cedera membuat Suharto harus membongkar lagi kuartetnya. Choirul Hidayat dikembalikan ke posisi bek kiri. Sedangkan bek kanan kemungkinan diisi duo penggawa dari PSMS U-21, Zulkhairi ataupun Rizki.

Sementara di tengah Donny Fernando Siregar dipastikan menjadi gelandang penghubung lini tengah dan belakang. Hanya saja tandemnya yang masih samar-samar.

Suharto kerap membongkar pasangnya. Terkadang Ridho dan Saddam yang dicoba. Tiga gelandang serang didepan ditugaskan kepada Kiki Lissusanto diapit duo sayap lincah Imam Bagus dan Jecky Pasarella. Mereka mendukung Fiwi Dwipan sebagai striker tunggal.

Sumber: pojoksatu.id

Komentar

Loading...