Sekda: Orang Tua Harus Aktif Membimbing Anak

Sekda Aceh Dermawan

Sekda Aceh Dermawan
Sekda Aceh Dermawan

Banda Aceh, (Acehportal) - Sekretaris Daerah Aceh, Drs. Dermawan MM, mengajak para orang tua agar turut aktif membimbing dan melindungi anak-anak meskipun mereka telah mendapat bimbingan di sekolah.

“Kita pasti tidak mau membiarkan anak kita melakukan sesuatu secara sembarangan, setiap saat mereka butuh pengawalan dan bimbingan kita,” kata Sekda dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Administrasi umum, Syahrul, SE, M.Si saat memberikan sambutan pada acara acara Perpisahan Anak TK/PAUD Bhakti Pertiwi, Kamis (28/4).

Sekda menjelaskan bahwa ungkapan tidak over protective kepada anak merupakan pendangan orang-orang barat yang tidak seharusnya diikuti oleh masyarakat dari timur.

Sebagai masyarakat yang menganut Agama Islam tentunya sudah diajarkan bagaimana peran orang tua dalam mendidik anak dan melindungi mereka dari berbagai macam pengaruh lingkungan. Dalam mendidik anak, kata Sekda Dermawan, Rasullullah sendiri telah mengajarkan kepada umat Islam tata cara mendidik anak mulai dari dalam kandungan.

“kita harus membiasakan mereka hidup teratur dan disiplin agar ketika dewasa mereka mawas diri dan tidak mudah terjerumus dalam masalah,” kata Sekda.

Kepada orang tua Sekda berpesan agar tidak hanya mengajarkan, tapi juga harus dapat memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari. "Orang tua harus menjadi cerminan bagi anak Kalau mau mereka berdisiplin kita juga harus berdisiplin."

Sementara itu, Kepala Sekolah TK Pertiwi, Fitriani S.Pd  menyampaikan terima kasih kepada dewan guru yang telah berhasil mendidik anak-anak murid sehingga mereka tumbuh cerdas dan berakhlak mulia. Keberhasilan itu menurutnya tidak lepas dari peran orang tua di rumah.

Untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, kata Fitriani, para guru dituntut untuk melakukan langkah-langkah berani dalam melakukan inovasi serta melakukan perubahan-perubahan yang positif.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Yayasan TK Pertiwi juga berpesan kepada orang tua murid untuk memberikan kasih sayang sepenuhnya kepada anak agar mereka tidak mencari kasih sayang di tempat lain. Selain itu, orangtua juga harus dapat mengawasi setiap kegiatan anak dan menjaga lingkungan mereka.

Acara perpisahan tersebut turut dimeriahkan dengan penampilan tarian ranup lampuan, atraksi drum band, pidato empat bahasa yang ditampillan oleh murid-murid TK Pertiwi serta penyerahan hadiah kepada anak-anak yang berprestasi.(adi)

Komentar

Loading...