Ini Dugaan Balai Cagar Budaya soal Misteri Wajan Raksasa di Kutoarjo

Foto: Akhmad AK/pasangmata.com

Foto: Akhmad AK/pasangmata.com
Foto: Akhmad AK/pasangmata.com

Jakarta, (Acehportal) - Belum ada kesimpulan soal wajan raksasa di Kutoarjo, Purworejo, Jawa Tengah (Jateng). Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng hanya bisa menduga-duga.

"Mungkin dulu di situ pernah jadi barak, sehingga ada wajan atau alat masak raksasa," kata Kepala BPCB Jateng Tri Hartono kepada detikcom, Sabtu (30/4/2016).

Tri menjelaskan, tim BPCB akan turun ke lapangan pada Senin atau Selasa pekan depan. Berbagai data, mulai dari bahan dan bentuk wajan hingga informasi seputar lokasi, akan dikumpulkan. Untuk kepentingan ini, BPCB menurunkan arkeolog, ahli sejarah, dan fotografer.

Tri mengaku timnya turun setelah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Olahraga Purworejo. "Jumat kemarin, mereka menghubungi soal itu (wajan)," ungkap Tri.

"Nanti dilihat hasilnya," tambah Tri soal kemungkinan wajan raksasa termasuk benda purbakala atau bukan.

Wajan raksasa ditemukan di lahan milik Widodo (50) di Jl MT Haryono, Kutoarjo, Purworejo, beberapa hari lalu. Saat itu, para pekerja hendak membangun fondasi ruko. Mereka kaget karena ada wajan besar di kedalaman 90 centimeter. Untuk sementara, pembangunan dihentikan.(detik)

Komentar

Loading...