Kru TV Salam Dirompak, Kameramen Tewas

Ilustrasi

Ilustrasi
Ilustrasi

Belawan, (Acehportal) - Rombongan kru stasiun televisi swasta dirompak orang tak dikenal (OTK) bersenjata tajam, saat pelayaran sepulang syuting di muara perairan Belawan, Rabu (27/4).

Dalam peristiwa ini, kameramen TV Salam, Julfan (39), warga Medan Tembung, dilaporkan tewas tenggelam pasca melakukan perlawanan dengan para perompak tersebut.

Sedangkan rekannya Fadlan (juga kameramen) bersama Andi pemilik boat yang mereka tumpangi, menderita luka serius akibat terkena bacokan senjata tajam perompak.

Keterangan dihimpun, perompakan terhadap kapal (boat) nelayan yang ditumpangi rombongan TV Salam, berjumlah 4 orang asal Tanjung Morawa itu, terjadi sekitar pukul 11.20 WIB.

Saat itu seusai syuting untuk program tausiah Ramadan dari muara, dua kameramen TV bersama produser Safaruddin dan Ustaz Abu Umail selaku narasumber, bermaksud kembali ke darat melalui tangkahan Kampung Kolam Belawan.

Dalam pelayaran pulang, tiba-tiba muncul satu unit perahu kayu yang ditumpangi dua pria tak mereka kenal merapat ke arah kapal rombongan tv.

Semula kedua pria itu berdalih meminta minuman dari awak media tersebut sehingga Fadlan pun melayani permintaan dua pria itu dengan memberikan dua botol minuman.

Namun setelah diberi, secara tiba-tiba saja tas kamera yang disandang Fadlan dirampas oleh salah satu pria tersebut. Tak terima tasnya yang berisi dua unit kamera Canon 5D berikut aksesoris seharga Rp200 juta diambil, Fadlan bersama Julfan dan Andi langsung melompat ke perahu perompak untuk merebut tas.

Melihat para awak tv melawan, kedua perompak itu lalu mengeluarkan golok sambil menyerang balik. Akibatnya tangan Fadlan dan Andi terluka terkena bacokan golok perompak.

Sedangkan Julfan, yang terus berusaha menarik tas rekannya terjatuh ke laut karena tidak bisa berenang. Tubuh Julfan yang sempat tenggelam berhasil ditarik dengan dibantu perahu nelayan yang melintas ketika itu. Sedangkan para perompak melarikan diri dengan membawa kabur harta benda milik korban.

Selanjutnya, para korban dibawa ke Dermaga KPLP Belawan. Namun dalam perjalanan menuju rumah sakit, Julfan akhirnya meninggal dunia. Kini dua korban lagi menjalani perawatan di Rumkital Dr Komang Makes Jalan Bengkalis Belawan .

Selanjutnya kejadian ini dilaporkan ke Pos Kamla Lantamal 1 Belawan. Pelaku perompakan ini masih terus diburu dengan melibatkan aparat keamanan terkait, kata Kadispen Lantamal 1 Mayor Laut (KH) Sahala Sinaga.

Untuk korban tewas, jenazahnya telah dibawa ke RSU dr Pirngadi Medan untuk keperluan visum.

Komentar

Loading...