Enam Balon Walikota Lhoksemawe Merapat ke PAN

images

Lhokseumawe, (Acehportal) - Enam kandidat bakal calon (balon) Walikota Lhokseumawe mendaftar ke Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Kota Lhokseumawe, pekan lalu. Mereka menyatakan siap bertarung dalam Pilkada Aceh Utara 2017 jika mendapat kepercayaan dan diusung.

Keenam kandidat tersebut adalah Drs Rahchmatsyah MM, Muklis Azhar SE, Azhar Mahmud, Suryadi SE MM, Zulkifli dan Yulius Darma SAg Msi. Mereka berasal dari berbagai kalangan, antara lain akademisi, pengusaha, politisi dan mantan walikota.

Ketua DPD PAN Kota Lhokseumawe, Suryadi SE MM, yang ditanyai Analisa mengungkapkan, sejak pendaftaran bakal calon dibuka pada 7 April dan berakhir belum lama ini sore, seluruh kandidat yang mengambil formulir telah mendaftar kembali.

“Selanjutnya berkas pendaftaran bakal calon kita rekap dan pada Jumat (22/4), akan dibawa ke DPW dan pada hari yang sama akan ada rapat membahas pilkada,” terangnya.

Selain itu, PAN juga akan melaksanakan survei independen terhadap para kandidat. Mereka juga harus mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) sebelum diusung dan bertarung dalam Pilkada 2017.

Ditambahkannya, dalam mengusung calon, PAN Lhokseumawe harus membangun koalisi karena tidak mampu mengusung sendiri calonnya karena jumlah kursi di DPRK tidak memenuhi persyaratan.

Sejauh ini pihaknya tengah membangun komunikasi dengan partai lain agar menjadi tim dan mitra kerja yang baik.

Salah seorang bakal calon yang mendaftar, Yulius Dharma, yang juga Ketua Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Malikussaleh Lhokseumawe menyatakan, dia mendaftar karena sebagai akademisi merasa memiliki tanggung jawab terhadap berbagai persoalan di kota Lhokseumawe, seperti persoalan kemiskinan dan pengangguran yang tinggi.

“Selama ini, pembangunan di daerah kita sepenuhnya mengandalkan APBK, sedangkan investasi tidak ada. Karena itu, harus ada terobosan trobosan agar Lhokseumawe lebih maju dan berkembang,” sebutnya.

Sebagai putra kelahiran Lhokseumawe dia mengaku siap mencurahkan pengetahuan yang dimiliki untuk membangun Lhokseumawe sesuai skala prioritas seperti penegakan syariat Islam yaitu dengan tidak menawarkan program asal-asalan yang muncul secara tiba-tiba.

Calon lainnya, Zulkifli mengungkapkan komitmennya untuk membenahi Lhokseumawe dalam berbagai sektor, seperti industri, perikanan dan kelautan serta mengatasi pengangguran melalui program memberikan beasiswa kepada para pelajar.(Analisa)

Komentar

Loading...