Hari Ini Mulai Dibuka Pendaftaran SBMPTN

Ilustrasi Pendaftaran SBMPTN @antara

Ilustrasi Pendaftaran SBMPTN @antara
Ilustrasi Pendaftaran SBMPTN @antara

Banda Aceh, (Aceh Portal) - Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2016 mulai dibuka secara serentak mulai  Senin (25/4) hari ini. Pendafaran secara online melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id ini akan berakhir pada 20 Mei 2016, pukul 22.00 WIB.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, ujian tulis SBMPTN tahun ini akan berlangsung dengan dua cara, yaitu ujian tulis seperti biasa atau Paper Based Testing (PBT) dan ujian tulis berbasis komputer atau Computer Based Testing (CBT).

Kepala Humas Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Dr. Ilham Maulana mengatakan, petunjuk pengisian borang pendaftaran dapat dilihat ataupun diunduh di laman http://download. sbmptn.ac.id sejak 18 April 2016. Ujian tulis akan berlangsung pada 31 Mei 2016. Sementara ujian keterampilan pada 1-2 Juni 2016. Pengumuman hasil SBMPTN akan dilakukan 28 Juni 2016.

SBMPTN 2016 merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN secara bersama di bawah koordinasi panitia pusat, dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (PBT) atau menggunakan komputer (CBT) atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

Peserta SBMPTN adalah siswa lulusan tahun 2014 dan 2015, serta siswa lulusan tahun 2016 yang telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jatidiri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.

Siswa dapat memilih program studi (Prodi) di PTN yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek  dan kelompok Soshum. Peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 prodi dengan ketentuan jika prodi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, maka peserta mengikuti kelompok ujian Saintek, dan jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian Soshum.

“Sedangkan jika program studi yang dipilih terdiri atas  kelompok Saintek dan Soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian campuran,” ujar Ilham Maulana, Minggu (24/4).

60 Peluang

Penerapan sistem testing CBT tahun ini baru dilakukan pada 30 lokasi ujian saja. Salah satu lokasi pelaksanaan CBT tahun ini adalah Unsyiah, di mana tersedia sebanyak 60 peluang peserta CBT di panitia lokal Unsyiah ini. Ke-30 perguruan tinggi yang dipilih disaring berdasarkan kesiapan dan ketersediaan sumber daya untuk keperluan CBT.

Namun demikian, di lokasi ujian Unsyiah juga akan dilakukan sistem ujian berbasis kertas seperti biasa (PBT). Tahun ini, pelaksanaan CBT hanya dimungkinkan untuk peserta pemilih Saintek atau Soshum saja. Sementara pemilih campuran tidak dapat mendaftar CBT.

Ilham Maulana yang juga Humas SBMPTN Unsyiah menganjurkan siswa untuk memperebutkan kursi CBT yang terbatas ini, karena banyak keuntungan sistem tes komputer dibandingkan sistem tes tulis manual.

Salah satu keuntungannya, hasil tes akan diproses langsung dengan sistem komputer, sehingga tidak akan terjadi adanya kertas jawaban yang terselip atau terlipat atau kesalahan pembulatan kode jawaban dan kode soal. “Ada masih banyak keuntungan lain dari CBT,” sebutnya.

Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan, namun peserta ujian yang hanya memilih satu program studi dapat memilih program studi di PTN manapun.

Sementara peserta ujian yang memilih dua program studi atau lebih, salah satu pilihan program studi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah pendaftaran dengan tempat peserta mengikuti ujian.

Daftar wilayah pendaftaran, program studi, daya tampung per PTN tahun 2016, dan jumlah peminat prodi per PTN tahun 2016 dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id mulai 11 April 2016.

Sumber: analisadaily.com

Komentar

Loading...