BPKS Siapkan Layanan Satu Pintu QICP

ilustrasi kapal persiar.@acehportal.com

TARI GUEL: Nahkoda Kapal MS Artania CAPT. Hasen Morten Arne, ikut menari bersama para penari Guel di Dermaga  CT3 BPKS, Kamis (7/4). Tari Guel merupakan tarian penyambutan khas dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah.@acehportal.com
TARI GUEL: Nahkoda Kapal MS Artania CAPT. Hasen Morten Arne, ikut menari bersama para penari Guel di Dermaga CT3 BPKS, Kamis (7/4). Tari Guel merupakan tarian penyambutan khas dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah.@acehportal.com

Sabang, (Acehportal) - Dalam rangka menyukseskan kegiatan Sabang Marine Festival 2016 (SMF) yang berlangsung tanggal 26-30 April mendatang, Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) menyiapkan layanan satu pintu untuk melayani chek in kapal-kapal yacht.

Deputi Komersial dan Investasi BPKS, Syafruddin Chan Jumat (22/4) mengatakan, dengan adanya layanan satu pintu itu akan memudahkan dan mempercepat proses registrasi yang dilakukan tim QICP (Karantina, Imigrasi, Bea dan Cukai, Syahbandar) untuk kapal-kapal yang masuk ke Sabang.

Unit Manajemen Kepelabuhanan BPKS telah memfasilitasi QICP untuk bekerja satu pintu, sehingga proses cheking kapal hanya selama 90 menit.

“Proses registrasi hanya membutuhkan waktu 50 menit. Ini merupakan wujud kerja sama yang baik menciptakan layanan satu pintu untuk QICP,” ujarnya.

Kepala Unit Manajemen Pelabuhan BPKS, Zulkarnaen mengatakan, terwujudnya pelayanan satu pintu bagi tim QICP penting untuk memaksimalkan pelayanan kepelabuhan dan memberikan pelayanan maksimal bagi kapal-kapal asing yang singgah ke Sabang.

Dikatakan, pihak Karantina, Imigrasi, Bea dan Cukai serta Syahbandar selama ini telah berperan dengan baik dalam memberikan pelayanan chek in bagi kapal-kapal yang masuk ke Pelabuhan Sabang. Jadi tidak hanya pada event Sabang Marine Festival 2016 ini saja melainkan pada pelayanan-pelayanan biasanya, katanya.

Ketua Panitia Sabang Marine Festival, Fauzi Daud mengatakan, sejauh ini pihak panitia telah mendapatkan konfirmasi bahwa minimal ada sekitar 20 yacht yang akan mengikuti kegiatan yang dilaksanakan.

“Dua yacht sudah tiba. Kita tunggu kedatangan kapal-kapal lain, minimal 20 peserta sudah konfirmasi dan mereka akan tiba dalam beberapa hari ini sebagaimana yang telah dijadwalkan,” jelasnya.

Fauzi menambahkan, kegiatan Sabang Marine Festival akan dirangkai dalam berbagai kegiatan seperti fun bike dan jalan santai, lomba melukis, lomba pameran dan foto.

Selain itu, aneka perlombaan rakyat seperti mancing, dayung, lomba bakiak, balap karung, tarik tambang, panjat pinang, dan bawa kelereng. (Analisa)

Komentar

Loading...