Berani Buang Sampah Sembarangan, Ini Dendanya

foto : Analisa

foto : Analisa
foto : Analisa

Langsa, (Acehportal) - Bagi masyarakat Kota Langsa yang dengan sengaja membuang sampah sembarang akan dikenai sanksi dengan ancaman hukuman selama nema bulan penjara. Sanksi itu sesuai dengan Pasal 51 juncto Qanun (perda) No 3/2014 tentang Pengelolaan Sampah.

Pasal itu menyebutkan, setiap orang dilarang membuang sampah atau yang dianggap sampah ke dalam sungai, bantaran sungai, got, saluran air, gang, taman, lapangan, badan jalan serta tempat-tempat umum lainnya dengan ancaman pidana kurungan enam bulan atau denda paling banyak Rp50 juta.

“Masyarakat jangan sembarangan buang sampah. Kalau tidak, dikenai kurungan penjara enam bulan,” tegas Wakil Walikota Langsa, Drs H Marzuki Hamid MM didampingi Camat Langsa Kota, Jamil Gade, kepada Analisa di sela-sela bergotong-royong di Dusun Melati dan Dusun Sehati, Gampong (desa) Paya Bujok Blang Pase, Jumat (22/4).

Dikatakan, menjaga kebersihan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tapi juga semua elemen masyarakat, termasuk kegiatan gotong-royong yang dilaksanakan oleh masyarakat di dua dusun tersebut. Bersama petugas kebersihan, mereka membersihkan sampah yang berada di dalam saluran parit induk.

“Kita juga tidak bisa serta-merta menyalahkan masyarakat atas keberadaan sampah di saluran parit induk ini karena mungkin sosialisasi atau imbauan untuk tidak membuang sampah bukan pada tempatnya tidak disampaikan kepada masyarakat sekitar,” ujarnya.

Karenanya, kepada keuchik (kepala desa), kepala dusun dan tokoh masyarakat diminta untuk menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

Lebih lanjut, Marzuki Hamid mengatakan, jumlah sampah dibersihkan dalam gotong-royong di dua dusun tersebut seberat tiga ton. Ini jumlah yang besar dan patut disesalkan.

Untuk mengantisipasi agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan di tempat-tempat yang dilarang sesuai qanun, maka bagi masyarakat yang tahu atau melihat ada orang yang sengaja membuang sampah di tempat yang dilarang supaya menangkapnya dan membawanya ke Kantor Badan Kebersihan setempat.

“Masyarakat yang melihat ada orang lain yang membuang sampah sembarangan segera menangkapnya dan nantinya akan kita beri hadiah sepatutnya,” ujarnya(Analisa)

Komentar

Loading...