Puluhan Orang Terkubur Hidup-hidup, Penyelamatan Terus Berlangsung

Foto: REUTERS/Kyodo

Foto: REUTERS/Kyodo
Foto: REUTERS/Kyodo

Tokyo, (Aceh Portal) - Puluhan orang dilaporkan terkubur hidup-hidup akibat gempa dahsyat yang mengguncang Kumamoto, Jepang hari ini. Para petugas penyelamat berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan mereka.

Akibat gempa 7 Skala Richter (SR) yang terjadi pada pukul 01.25 waktu setempat, banyak gedung ambruk, termasuk sebuah asrama universitas. Belasan orang tertimpa reruntuhan asrama Tokai University di kota Minamo-Aso tersebut. Sejauh ini, dua mahasiswa yang tertimpa puing telah dinyatakan tewas.

Upaya penyelamatan masih terus berlangsung untuk mengeluarkan para mahasiswa lainnya, yang masih terkubur puing-puing bangunan. Media NHK melaporkan, sejumlah orang juga terperangkap di antara reruntuhan bangunan panti jompo di kota Mashiki.

"Kami mengetahui adanya beberapa lokasi di mana orang-orang terkubur hidup-hidup," ujar Sekretaris Kepala Kabinet Jepang Yoshihide Suga seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (16/4/2016).

"Aparat polisi, petugas pemadam kebakaran dan personel Self Defense Force (militer Jepang-red) tengah melakukan semua yang mereka bisa untuk menyelamatkan orang-orang itu," imbuh juru bicara pemerintah Jepang itu, seraya menambahkan bahwa hampir 80 orang terkubur puing-puing bangunan.

Sejauh ini, 18 orang tewas dan sekitar 1.500 orang mengalami luka-luka akibat gempa yang berpusat di dekat Kumamoto tersebut. Sebelumnya, gempa 6 SR juga mengguncang Kumamoto pada Kamis (14/4) malam waktu setempat. Gempa tersebut menyebabkan 9 orang meninggal dan ratusan lainnya luka-luka.

Sumber: detik

Komentar

Loading...