Pabrik Komponen Terkena Dampak Gempa, Toyota dan Nissan Tunda Produksi

Dampak gempa 6 SR di Kumamoto, Jepang (REUTERS/Kyodo)

Dampak gempa 6 SR di Kumamoto, Jepang (REUTERS/Kyodo)
Dampak gempa 6 SR di Kumamoto, Jepang (REUTERS/Kyodo)

Tokyo, (Aceh Portal) - Kumamoto, Jepang telah dilanda gempa bumi berkekuatan 7 SR dan diikuti gempa susulan lainnya. Akibat bencana ini, pabrik pemasok komponen otomotif di sana pun terkena dampaknya.

Alhasil, seperti diberitakan Automotive News, Sabtu (16/4/2016), Toyota Motor Corporation dan Nissan Motor Company menunda produksi mobil di pabriknya.

Laman itu mengabarkan, pabrik body part dan die-casting yang dioperasikan Aisin Seiki Co., rusak akibat gempa. Juru bicara Aisin Seiki, Masayuki Toyama mengatakan, tidak ada pekerja yang terluka akibat gempa.

Pabrik itu memproduksi sunroof, bingkai pintu, handle pintu dan bagian bodi mobil lainnya serta bagian cast-metal mesin. Pabrik tersebut berlokasi di kota Kumamoto yang dekat dengan pusat gempa. Pabrik tersebut menyuplai hasil rakitan untuk Toyota, Daihatsu dan Nissan.

Dampaknya, Toyota menunda produksi mobil Lexus di parik perakitan barat daya Jepang di hari Jumat (15/4/2016) dan Sabtu (16/4/2016) ini. Langkah ini diambil untuk memastikan stabilitas rantai pasokan.

Toyota akan menilai kembali rantai pasokan pada Minggu, (17/4/2016) besok dan membuat keputusan apakah tetap melanjutkan produksi pada hari Senin.

Sementara itu, Nissan Motor Company memastikan tidak ada pabrik atau logistik yang terpengaruh. Meski begitu, produksi di pabrik Nissan juga akan ditunda pada Sabtu ini karena pabrik pemasok yang terkena dampak gempa.

"Keputusan tentang operasi (produksi) pada 18 April dan seterusnya akan dilakukan berdasarkan evaluasi lebih lanjut dari situasi pemasok," kata Nissan dalam sebuah pernyataannya.

Sumber: detik

Komentar

Loading...