BPTP: Pendapatan Petani di Aceh Masih Rendah

Ilustrasi tanam padi @Antara

 Ilustrasi tanam padi @Antara
Ilustrasi tanam padi @Antara

Banda Aceh, (Aceh Portal) – Balai Pengkajian dan Teknologi Pertanian (BPTP) Aceh menyatakan, pendapatan petani di wilayah Provinsi itu masih sangat rendah, padahal Aceh merupakan daerah lumpung pangan.

“Aceh merupakan daerah lumbung pangan terbesar di Indonesia, tapi pendapatan petani di provinsi paling ujung barat Indonesia ini masih sangat rendah,”ungkap Abdul Azis, Peneliti BPTP Aceh, Sabtu (16/4) di Banda Aceh.

Menurut dia, masih tergolong rendahnya pendapatan petani disini dikarenakan petni belum sepenuhnya menguasai teknologi  budidaya termasuk penanganan pascapanen.

Ia menyebutkan, karakteristik petani Aceh selain sebagai produsen juga mereka menjadi konsumen. Karena pada umumnya petani di aceh setelah panen mereka menjual padinya ke Medan, kemudian petani membeli dalam bentuk beras.

Selain itu, tambah Abdul Azis, Aceh bukan hanya sebagai daerah lumbung pangan Nasional, tapi Aceh juga memiliki potensi besar lainnya yakni bidang perkebunan dan peternakan.

Meskipun demikian, katanya, kebutuhan pokok kita tetap tergantung dari Medan. “Di Aceh banyak bidang peternakan ayam dan telur, tapi sampai saat ini, kebutuhan itu masih tergantung dari Medan,”ungkapnya.(adi)

Komentar

Loading...