Abu Bakar Baasyir Dipindah dari Nusakambangan, Puluhan Brimob Berjaga

foto: istimewa

foto: istimewa
foto: istimewa

Cilacap, (Aceh Portal) - Puluhan Brimob bersenjata mulai berjaga di Dermaga Wijayapura, Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (16/4/2016) tempat penyeberangan menuju Pulau Nusakambangan.

Dari informasi yang dikumpulkan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Baasyir akan dipindahkan dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Pasir Putih Nusakambangan ke Lembaga Pemasyarakatan Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.Pemindahan tersebut informasinya berbarengan dengan pemindahan Freddy Budiman, terpidana mati kasus narkoba dari Gunung Sindur menuju Nusakambangan. Belum ada informasi resmi terkait pemindahan tersebut.

Dari pantauan detikcom di Dermaga Wijayapura, Cilacap, sejak pukul 05.27 WIB sebuah mobil baracuda milik Brimob mulai masuk dan menyeberang menuju Pulau Nusakambangan. Tak hanya itu, puluhan brimob bersenjata tampak berjaga di sekitar dermaga.

Bukan hanya di dermaga Wijayapura, puluhan polisi juga tanpak berjaga di pintu masuk menuju Bandara Tunggul Wulung, Cilacap. Sejumlah wartawan yang hendak masuk menuju bandara Tunggul Wulung tidak diizinkan masuk.

"Maaf mas, wartawan tidak boleh masuk," kata salah satu petugas kepolisian.

Kuat dugaan bahwa Abu Bakar Baasyir akan dipindahkan menggunakan pesawat. Dalam surat perintah pemindahan, tertulis bahwa Baasyir rencananya akan dipindah seusai apel dari Kepolisian Resor Cilacap pada 08.00 WIB. Dalam surat itu juga belum jelas lokasi pemindahan Baasyir.

Sebelumnya, Abu Bakar Baasyir terpidana kasus terorisme sempat diisukan meninggal. Pesan meninggalnya Baasyir tersiar ramai lewat media sosial dan broadcast message.

Namun hal itu dibantah oleh pihak keluarga dan juga pihak lapas. Mengenakan pakaian muslim berwarna putih. Baasyir berdiri di tengah dan di sisi kanan dan kiri ada sipir. Baasyir menjalani masa tahanan 15 tahun penjara.

"Tidak benar ABB meninggal dunia. Beliau melakukan aktivitas seperti biasa di dalam sel kamar huniannya. Alhamdulillah, hingga saat ini beliau sehat wal afiat," jelas juru bicara Ditjen Lapas Akbar Hadi, Jumat (15/4/2016).

Sumber: detik

Komentar

Loading...