53 Personil di Jajaran Polda Aceh Konsumsi Narkoba

Kapolda Aceh memeriksa urine anggotanya di halaman Malpoda Aceh, Senin (11/4).@acehportal.com

Kapolda Aceh memeriksa urine anggotanya di halaman Malpoda Aceh, Senin (11/4).@acehportal.com
Kapolda Aceh memeriksa urine anggotanya di halaman Malpoda Aceh, Senin (11/4).@acehportal.com

Banda Aceh, (Aceh Portal) - Sebanyak 423 personil di jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Aceh, menjalani pemeriksaan/tes urine di Halaman Malpoda Aceh, Senin (11/4). Dari jumlah itu sebanyak 3 orang dinyatakan positif mengunakan narkoba.

Pemeriksaan urine ini dilaksanakan Polda Aceh bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh untuk memberantas sindikat dan penguna narkoba di jajaran Kepolisian.

Tes urine bagi 423 personil Polda Aceh itu diawali langsung oleh Kapolda Aceh Irjen Pol Husein Hamidi, dan dilanjutkan Waka Polda Aceh serta perwira di jajaran Polda Aceh dan anggotanya.

Kapolda Aceh Husein Hamidi menyatakan, dari 423 orang yang menjalani tes urine, ada 3 orang positif positif narkoba, yakni 2 orang positif sabu dan 1 orang positif morfin.

Sebenarnya, kata Kapolda, ada 7 orang yang positif narkoba, namun dari hasil pemeriksaan 4 orang positif benzodeazepin atau bisa disebut jenis obatan penenang.

“Nah, yang positif memakai obat penenang ini nantinya akan didalami oleh bidang Dokkes Polda Aceh, karena bisa saja anggota yang di tes urinenya positif obat penenang itu karena yang bersangkutan baru menkomsunsi obat tersebut karena sakit,”jelas Kapolda Aceh, kepada wartawan saat pelaksanaan tes urine di Halaman Malpoda Aceh.

Dikatakannya, bagi tiga personil Polda yang positif narkoba akan menjalani pemeriksaan dan pengembangan oleh Direktorat Narkoba guna mengungkap sumber narkoba yang digunakan oleh 3 personil tersebut. “Kita akan mengecek dan mengungkap dari mana mereka mendapatkan barang haram tersebut,”ungkap jenderal berbintang dua itu.

Kapolda juga menyatakan, ketiga personil yang positif memakai narkoba akan dilakukan tindakan disiplin. “Kalau memang dia berubah maka kita akan pertahankan tapi kalau tidak berubah terpaksa akan dilakukan sidang-sidang kode etik atau pemecatan,”tegasnya.

Selain 3 personil di Polda Aceh, ada sedikitnya 50 personil positif narkoba dijajara Polda Aceh. “Namun, secara keseluruhan jumlah personil dijajaran Polda Aceh yang positif mengunakan narkoba ada sebanyak 53 orang, tiga orang di Polda Aceh dan 50 orang di seluruh Polres di Aceh,”jelasnya.

Untuk itu, Kapolda menghimbau kepada seluruh polisi yang perna mengunakan narkoba agar segera berhenti, dan juga bagi yang belum perna jangan lah mencoba-coba untuk memakai narkoba. “Oleh karena itu, saya mengharapkan seluruh personilnya untuk menjauhi narkoba karena polisi lah yang memberantas narkoba bukan sebaliknya mengunakan narkoba,”paparnya.(ro)

Komentar

Loading...