Kemlu: 10 WNI yang Disandera Abu Sayyaf Dalam Keadaan Sehat

Foto: Ilustrasi: Mindra Purnomo

Foto: Ilustrasi: Mindra Purnomo
Foto: Ilustrasi: Mindra Purnomo

Jakarta, (Aceh Portal) - Pemerintah Indonesia masih terus mengupayakan pembebasan 10 warga negara Indonesia (WNI) yang disandera Abu Sayyaf di Filipina. 10 WNI tersebut saat ini dalam kondisi sehat.

"Yang jelas kita dapat informasi yang terverifikasi bahwa 10 WNI dalam keadaan baik dan sehat," kata Direktur PWNI dan BHI Kemlu Lalu Muhammad Iqbal kepada detikcom, Jumat (8/4/2016) malam.

Kemlu terus melakukan komunikasi dengan Pemerintah Filiphina terkait pembebasan para sandera. Komunikasi dengan kelompok Abu Sayyaf juga terus dijalin.

Upaya Kemlu ini sesuai dengan perintah Presiden Jokowi. Seperti diketahui, Presiden memerintahkan mengedepankan diplomasi.

"Terus dilakukan komunikasi, diplomasi antar negara dan komunikasi dengan yang menyandera," tutur Jokowi usai menghadiri Muktamar PPP ke VIII di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, Jumat (8/4/2016).

Jokowi mengatakan dalam proses ini masih diupayakan terus untuk membebaskan 10 WNI. Namun, ia belum bisa menyampaikan ke publik.

"Tapi, kita tak bisa membuka apa yang kita lakukan karena ini bisa membuka apa yang kita lakukan karena ini masih dalam proses-proses semuanya," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membantah ada deadline dan uang tebusan yang dibayarkan dalam pembebasan 10 WNI di kelompok Abu Sayyaf.  Proses negosiasi pembebasan terus dilaksanakan.

"Ah ga ada itu soal waktu waktu itu. Ga ada itu," ujar JK di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (8/4/2016).

Sumber: detik

Komentar

Loading...